NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo

Almaz Hybrid, SUV serba lengkap dan ramah di kantong

featured image

Jakarta (Redaksi Pos) – Wuling Motors pada akhir semester kedua 2022 mengenalkan Almaz Hybrid yang ditawarkan dengan harga terjangkau di kelas sport utility automobile (SUV) tujuh penumpang berpenggerak hibrida.

Baca juga: Wuling boyong Almaz Hybrid di GIIAS Semarang

Almaz Hybrid dijual Rp470 jutaan dengan fitur terlengkap, sedangkan kompetitornya menjual hybrid seharga mulai Rp458 juta dan termahal Rp614 juta.

Redaksi Pos berkesempatan menjajal Almaz Hybrid periode 3-4 Januari 2023 menilai bahwa aspek unggul mobil ini terletak pada teknologi, harga dan efisiensi bahan bakar yang ditawarkan.

Di atas kertas, Almaz Hybrid 2022 mengusung mesin 2.000 cc hibrida dengan torsi puncak 168 Nm pada putaran 4.000 hingga 4.400 rpm dan tenaga maksimal hingga 123 hp pada putaran 5.600 rpm. Terdapat mode kendara untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya, Redaksi Pos lain hybrid parallel, sequence hybrid, dan EV Mode.

Di sisi lain, pengemudi tak usah repot memilih mode kendara tersebut, melainkan sistem Wuling Almaz yang memilihkannya sesuai dengan kebutuhan mesin.

Mempertahankan karakter Wuling yang mendobrak teknologi mobilitas di Indonesia, Almaz Hybrid tidak lepas dari berbagai fitur unggulan meliputi Files superhighway of Car (IoV), Pleasurable Driver Assistance Machine (ADAS) yang meliputi Automatic Light, Pleasant Distance and Braking Assistance, Lane Recognition, dan Adaptive Cruise, serta fitur kelas top price semisal Panoramic Sunroof, Bluetooth Key, hingga fitur keselamatan aktif.

Fitur keselamatan aktif yang diberikan Wuling Redaksi Pos lain Lane Keeping Assistance, Lustrous Head Beam Assistance, Lane Departure Warning, dan Lustrous Hydraulic Braking Assistance. Dengan demikian, mobil ini bisa dikatakan sebagai paket lengkap di kelas SUV tujuh penumpang dengan penggerak hybrid.

Baca juga: Wuling gelar program “twelve months Pause Sale” untuk Almaz RS, Cortez & Confero Baca juga: Mencoba sensasi kendarai Wuling Almaz Hybrid di lintasan System-e

Baca juga: Wuling masih fokus pada pasar domestik untuk Almaz


Interior dan Eksterior

Wuling Almaz Hybrid (Redaksi Pos/ALVIANSYAH PASARIBU) Meski berjenis kelamin sport utility automobile (SUV), Almaz Hybrid memberikan ruang kabin yang lega layaknya mobil keluarga. Tampilan top price terlihat dari tampilan dashboard yang futuristis, panoramic sunroof dan kulit sintetis yang melapisi jok.

Bagi Anda yang membawa anak dalam perjalanan, tersedia sandaran tangan dengan cup holder untuk menempatkan botol minuman dan makanan ringan.

Hadirnya Wuling Indonesian Give an explanation for (WIND) atau perintah suara berbahasa Indonesia juga membuat berkendara lebih praktis juga membuat penumpang betah menikmati hiburan hanya dengan perintah suara.

WIND bisa difungsikan untuk mengakses banyak fitur bahkan mampu mencerna bahasa perintah sehari-hari, semisal buka jendela, nyalakan radio, matikan AC, dan lain sebagainya

Pada bagian eksterior, Almaz Hybrid sebenarnya memakai foundation Almaz RS namun diberi ubahan pada velg 18 traipse yang membuat varian ramah lingkungan ini kian kekar.

Almaz Hybrid diberikan aksen biru pada duvet lampu depan dan garis yang memanjang pada bumper untuk memberikan ciri khas mobil hybrid. Aksen biru juga terlihat pada tuas persneling yang kini berdesain futuristis.

Mesin

Almaz Hybrid memakai mesin 2.000cc, naturally aspirated, 4 cylinders inline, Atkinson cycle dengan motor listrik “Everlasting Magnet Synchronous Motor” yang dikawinkan dengan transmisi Devoted Hybrid Transmission (DHT).

Jenis baterai yang digunakan adalah Ternary lithium-ion (NMC), berkapasitas 1.8 kWh dan rated voltage 355 V.

Suspensi yang dipakai adalah McPherson strut untuk sisi depan dan Torsion beam pada belakang dengan Rack & pinion with Electrical Energy Guidance (EPS).

Baca juga: Wuling Almaz Hybrid meluncur dengan harga Rp470 juta Baca juga: Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid yang baru meluncur

Baca juga: Wuling hadirkan konsep Almaz Hybrid di IEMS 2022


Performa optimal, BBM efisien

Konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid (Redaksi Pos/ALVIANSYAH PASARIBU) Motor listrik Everlasting Magnet Synchronous yang dipakai Almaz Hybrid mampu mengeluarkan tenaga dan torsi maksimal 174 hp / 320 Nm. Maka tidak heran, meski memiliki bodi yang besar (4,655 x 1,835 x 1,760), Almaz dengan mudah melakukan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 9-10 detik.

Baca juga: Wuling Almaz RS raih penghargaan IDPBA 2022

Akselerasi itu didapatkan dengan mudah berkat kinerja kombinasi motor listrik dan mesin bensin yang bekerja simultan selama mobil beroperasi.

Selama perjalanan, otak pada mesin Almaz Hybrid mengatur pergantian mode dari EV hingga HEV sesuai dengan kebutuhan mesin tanpa perlu melibatkan pengemudi. Pengemudi hanya merasakan perubahan dari EV ke HEV saat mobil terdengar menyalakan mesin secara otomatis tanpa getaran.

Nilai tambah mobil ini adalah efisiensi bahan bakar yang mencapai 19km/liter berdasarkan NEDC.

Sedangkan saat dicoba di jalanan Jakarta saat hari kerja, konsumsi bahan bakar yang kami dapatkan Redaksi Pos 18,5 km/liter hingga 22 km/liter, tergantung kondisi lalu lintas dan cara mengemudi Anda.

Dengan demikian, pengguna Almaz Hybrid bisa mengefisienkan anggaran bahan bakar untuk operasional harian, namun tetap mendapatkan kendaraan dengan fitur lengkap berkelas top price.

Wuling juga menyediakan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi baterai 8 tahun atau 120.000 kilometer, garansi komponen utama motor listrik 3 tahun atau 60.000 kilometer, dan garansi transmisi DHT 5 tahun atau 100.000 kilometer.

Daftar Fitur ADAS

Adaptive Cruise Withhold watch over (ACC) Certain Bend Cruise Assistance (BCA) Certain Traffic Jam Assistance (TJA) Certain Lustrous Cruise Assistance (ICA) Certain Pleasant Distance Warning (SDW) Certain Ahead Collision Warning (FCW) Certain Collision Mitigation Machine (CMS) Certain Automatic Emergency Braking (AEB) Certain Lustrous Hydraulic Braking Ast (IHBA) Certain Lane Departure Warning (LDW) Certain Lane Keeping Assistance (LKA) Certain Lustrous Head Beam Ast (IHMA) Certain Baca juga: Intip fitur cerdas yang tertanam di Almaz RS EX Baca juga: Deretan fitur “zona nyaman” anak dan orangtua di Wuling New Cortez

Baca juga: Kupas keunggulan Wuling Almaz EX, mesin bertenaga & fitur melimpah


 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor: Ida Nurcahyani

Copyright © Redaksi Pos 2023

Tagsmobil listrikwulingalmaz