NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo

Minggu Depan, DPP-LPQQ Gelar TOT Mu'alim Al-Qur'an Tingkat Provinsi DKI

featured image

Ketua Umum (Ketum) DPP-LPQQ, H Mahbub Sholeh Zarkasyi didampingi Sekretasis Jenderal DPP-LPQQ, H Djamalullail, M.Pd.I saat meminpin rapat persiapan penyelenggaraan Training of Trainer (TOT) Mu’alim Al-Qur’an Provinsi DKI Jakarta di perkantoran Masjid Istiqlal. ist

JAKARTA, INHUPOST.COM-Jika tak ada aral melintang, Insya Allah Dewan Pengurus Pusat Lembaga Pembinaan Qiroatil Qur’an (DPP-LPQQ) dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) Mu’alim Al-Qur’an Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini sekaligus mengadakan ajang silaturahmi dan rapat Dewan Pengurus DPP-LPQQ.

Demikian disampaikan Ketua Umum (Ketum) DPP-LPQQ, H Mahbub Sholeh Zarkasyi dalam undangan resminya kepada media ini, Kamis 1 Desember 2022.

Ketua Umum (Ketum) DPP-LPQQ, H Mahbub Sholeh Zarkasyi didampingi Sekretasis Jenderal DPP-LPQQ, H Djamalullail, M.Pd.I bersama pengurus dan panitia mematangkan persiapan agenda Training of Trainer (TOT) Mu’alim Al-Qur’an Provinsi DKI Jakarta di perkantoran Masjid Istiqlal. 

Dijelaskan H Mahbub Sholeh Zarkasyi bahwa agenda TOT Mu’alim Al-Qur’an tingkat Provinsi DKI ini Insya Allah akan diselenggarakan pada hari Ahad 11 Desember 2022 yang dimulai pada pukul 08.00-17.00 WIB. Adapun tempat pelaksanaannya yakni di Aula Alfatah, Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Pengentasan Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta. Untuk itu, kami akan melaksanakan TOT Mu’alim Al-Qur’an (LPQQ) tingkat Provinsi DKI Jakarta Angkatan Pertama,” jelas Ketum yang juga alumni Ponpes Darussalam Gontor.

Selain agenda pelaksanaan TOT Mu’alim Al-Qur’an Provinsi DKI Jakarta, ditambahkan, dalam waktu bersamaan juga akan digelar agenda Silaturahmi dan Rapat Pengurus DPP-LPQQ. Untuk itu, kepada seluruh pengurus pusat yang sudah ditunjuk diharapkan bisa hadir dalam agenda tersebut.

“Hingga saat ini, jumlah peserta TOT Mu’alim Al-Qur’an tingkat Provinsi DKI sudah melebihi kuota (lebih dari 250 orang, red). Ditambah utusan dari daerah Banten, Depok, Bandung Raya dan Karawang. Pendaftaran sudah ditutup, karena sudah melebihi kapasitas,” ujarnya.

Tambah H Mahbub Sholeh Zarkasyi, kegiatan TOT Mu’alim Al-Qur’an Provinsi DKI Jakarta Insya Allah akan menghadirkan Dr. KH. Attabik Luthfi, MA atas nama anggota Dewan Pembina DPP-LPQQ dan Ketua Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) sekaligus penyerahan surat dukungan dan sambutan dari  IKADI Pusat kepada DPP. LPQQ. Begitu juga hadir Dr. KH. Bukhori Sail Attahiri MA atas nama anggota dewan penasehat DPP. LPQQ dan atas nama pengurus harian BPMI Istiqlal, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta, Pj Gubernur DKI Jakarta, Drs. Heru Hartono, MM sekaligus membuka acara TOT Mu’alim Al-Qur’an tingkat Provinsi DKI serta seluruh pengurus DPP-LPQQ dan para tamu undangan lainnya.

“Mudah-mudahan dengan terselenggaranya agenda perdana TOT Mu’alim Al-Qur’an tingkat Provinsi DKI ini akan menjadi penyemangat untuk pengelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) LPQQ nantinya,” urai Ketum DPP-LPQQ ini. 

Untuk diketahui bersama bahwa Lembaga Pembinaan Qiroatil Qur’an ini sebuah Gerakan Nasional Pengentasan Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia yang didirikan di Masjid Istiqlal dengan tujuan khusus yaitu pembinaan dan pengajaran Al-Qur’an bagi kalangan remaja, dewasa dan lansia dengan Methode Ishlal. Hingga saat ini LPQQ sudah terbentuk di 28 Provinsi se-Indonesia.

“Adapun Visi LPQQ adalah menjadikan LPQQ sebagai organisasi masyarakat yang profesional, mandiri, independen, solid dan terorganisasi di tingkat Nasional maupun daerah dalam mengentaskan buta aksara Al-Qur’an untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mampu membaca dan mencintai Al-Qur’an. Sementara Misi LPQQ ini adalah; menjadi perekat umat untuk semua kalangan dan golongan dalam pengentasan buta aksara Al-Qur’an di Indonesia, melakukan kaderisasi instruktur Nasional, fasilitator dan Mu’alim (pengajar) Al-Qur’an, membangun sistem Pelatihan Cara Mudah Belajar dan Mengajar Al-Qur’an dengan Methode Ishlah, menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya untuk membentuk kelompok-kelompok belajar membaca Al-Qur’an, membangun sistem ekonomi LPQQ melalui kerjasama usaha dan donasi, menyelenggarakan sertifikasi kompetensi, meningkatkan kualitas dan kwantitas dan membantu mensejahterakan serta menjunjung tinggi martabat Mu’alim Al-Qur’an di Indonesia,” jelas H Mahbub Sholeh Zarkasyi.

Semoga ke depan, harap H Mahbub Sholeh Zarkasyi, perjalanan lembaga ini diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahu Wata’ala dan mendapat dukungan dan support dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah serta lembaga dan pihak-pihak lainnya. pr1

Penulis: M Ikhwan