featured image

InhuPost, NUSA DUA – Pemerintah Indonesia tegas mengatakan kepada negara-negara Uni Eropa bahwa minyak sawit adalah komoditas yang ramah lingkungan. Komiditas minyak sawit juga telah memenuhi standar-standar world terkait aspek keberlanjutan.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi menegaskan, Indonesia sebagai negara produsen minyak sawit terbesar dunia terus manggaungkan sawit sebagai komoditas ramah lingkungan di kawasan Uni Eropa (UE),

“Pada Juli 2022 lalu, Indonesia bersama sejumlah negara produsen yang komoditasnya terkena dampak telah menandatangani surat bersama yang dikirimkan kepada para pemimpin Uni Eropa,” kata Andri Hadi saat menjadi pembicara dalam konferensi minyak sawit IPOC (Indonesian Palm Oil Conference) di Nusa Dua Bali, dihadiri InhuPost, (3/11/2022).

BACA JUGA: APINDO: Dukungan Negara Terhadap Sawit Mesti Konsisten

Andri mengatakan, surat tersebut menyoroti posisi Indonesia sebagai negara terbuka yang mendukung regulasi produk bebas deforestasi dan kelestarian lingkungan.

Pada prinsipnya, Indonesia akan mendorong produk komoditas Indonesia seperti sawit punya peran penting dalam pencapaian SDGs termasuk mendukung petani kecil.

Tantangan industri sawit ke depan tidak mudah. Selain aturan WTO yang ketat terkait sawit, berbagai regulasi seperti peraturan terkait deforestasi dan kelestarian lingkungan tetap kita ikuti dan hormati.

BACA JUGA: APINDO: Dukungan Negara Terhadap Sawit Mesti Konsisten

Menurut Hadi, meski memberlakukan aturan ketat, UE membutuhkan minyak sawit dan dari negara produsen seperti Indonesia dan Malaysia dalam jumlah signifikan. “Minyak sawit Indonesia memegang 30-40 persen dari impor UE untuk minyak nabati,” kata Andri Hadi.

Menurut Andri, permintaan produk CPO terus menguat terutama pada awal Perang Rusia-Ukraina terutama akibat gangguan rantai pasokan, dan pemulihan world pascapandemi.

“Minyak sawit dapat memenuhi permintaan UE akan minyak nabati, sehingga membantu ketahanan energi di kawasan ini,” kata andri Hadi. (T2)

Dibaca : 241

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Recordsdata Change”, caranya klik link InhuPost-Recordsdata Change, kemudian be half of. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :