featured image

InhuPost, JAKARTA – Perkebunan kelapa sawit sebagai soko guru ekonomi Indonesia memberikan kontribusi besar bagi pembangunan nasional. Hampir seluruh wilayah pelosok Indonesia dapat menjadi maju dan berkembang dari geliat ekonomi yang bersumber adanya perkebunan kelapa sawit. Wajar, bila daerah pelosok yang dulunya hanya sebuah desa kecil, kini sudah berkembang menjadi wilayah perkotaan karena geliat perekonomian masyarakat yang terus bertumbuh.

Perkebunan kelapa sawit nasional juga ditopang dari keberadaan petani kelapa sawit yang mengelola lebih dari 42% perkebunan kelapa sawit nasional. Keberadaan petani kelapa sawit yang tersebar merata sari Aceh hingga Papua, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional menjadi lebih maju dan merata. Bersumber recordsdata GAPKI terbaru, diperkirakan produksi minyak sawit mentah (CPO) bakal mencapai 49 juta ton.

Dengan asumsi sebesar 40% produksi bersumber dari perkebunan kelapa sawit milik petani, maka sebanyak 19,6 juta ton produksi CPO Indonesia bersumber dari kebun petani kelapa sawit. Tentunya, perkebunan kelapa sawit rakyat ini, juga memiliki kontribusi besar bagi konsumen masyarakat dunia.

BACA JUGA: Lilin Malam Dari Sawit Untuk Batik Ramah Lingkungan

Permintaan pasar world yang selalu meningkat, akan sejalan dengan pertumbuhan perkebunan kelapa sawit rakyat yang terus berkembang. Melalu kontribusi terhadap ekonomi nasional yang besar, maka perkebunan kelapa sawit rakyat harus mendapatkan prioritas dan dukungan besar bagi keberlanjutannya.

Media InhuPost melalu Center of attention Neighborhood Discussion yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019-2020 silam, menerbitkan hasil diskusi tersebut dalam sebuah buku yang berjudul Perkebunan Sawit Rakyat. Dimana, kontribusi petani kelapa sawit sangat besar dalam males dorong tumbuhnya ekonomi nasional.

Jika anda tertarik, silahkan menghubungi redaksi InhuPost dan berpartisipasi dalam acara Ngopi Sawit pada Hari Pahlawan 10 November mendatang. Link pendaftaran: https://kinds.gle/Z7a7wdQjZ1TooHaE8  (T1)

Dibaca : 336

Dapatkan change berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Change”, caranya klik link InhuPost-News Change, kemudian be a part of. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :