featured image

Jakarta (Redaksi Pos) – Pada Minggu (6/11) bencana banjir dan tanah longsor terjadi di wilayah Kabupaten Trenggalek, pemerintah menyatakan bahwa kejadian kebakaran hutan dan lahan atau karhutla dalam tiga tahun terakhir berkurang, dan anggota komunitas mengampanyekan penggunaan energi bersih di Bali. 

Selain itu ada warta mengenai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Banjir bandang terjang wilayah pesisir selatan Trenggalek

Banjir bandang menerjang wilayah pesisir selatan Kabupaten Trenggalek di Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (5/11) hingga Minggu (6/11) pagi, menyebabkan permukiman warga di tiga desa di Kecamatan Munjungan tergenang.

Menteri Sosial tinjau dampak banjir di Trenggalek

Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan pejabat daerah yang lain pada Minggu (6/11) meninjau dampak bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Dia menyalurkan bantuan senilai Rp628,348 juta untuk mendukung penanganan dampak bencana serta ​​​​​​​menginstruksikan pembangunan empat lumbung sosial untuk penanganan bencana di daerah tersebut.

Kejadian kebakaran hutan dan lahan berkurang dalam tiga tahun terakhir

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia berhasil mengurangi angka kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta mengatasi masalah asap lintas batas dalam tiga tahun terakhir. “Kami perlu menggarisbawahi bahwa Indonesia telah sukses mencegah terjadinya kebakaran yang dapat menyebabkan kabut asap selama tiga tahun pandemi, dari 2020 sampai 2022,” katanya.

Komunitas di Bali kampanyekan penggunaan energi bersih jelang KTT G20

Komunitas anak muda yang tergabung dalam Pimpinan Pusat Kesatria Muda Respublika mengkampanyekan penggunaan energi baru terbarukan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi G20. Kegiatan kampanye yang diikuti oleh sekitar 300 orang tersebut ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya penggunaan energi bersih.

65,37 juta penduduk Indonesia sudah dapat vaksinasi penguat

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan bahwa sebanyak 65,37 juta penduduk Indonesia telah mendapat vaksinasi dosis penguat. Pada 6 November 2022 pukul 12.00 WIB, jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan tiga dosis vaksin COVID-19 bertambah 34.178 orang menjadi entire 65.379.116 orang.

 

Pewarta: Fitra Ashari

Editor: Maryati

COPYRIGHT © Redaksi Pos 2022

Baca Juga :