featured image

PEKANBARU, INHUPOST.COM – Jika tidak ada acara lintas, ajang Riau Expo 2022 akan kembali dilaksanakan pada 22-26 November 2022 mendatang di kawasan Purna MTQ. Kegiatan ini sempatkan sebagai akibat pandemi Covid selama dua tahun. 

Sekretaris Jenderal DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles menyambut baik dilaksanakan perhelatan itu. Jhony menilai, ajang ini bisa berdampak besar terhadap perkembangan perekonomian di Riau. 

Melalui ajang ini, potensi ekonomi di Bumi Lancang Kuning dapat ditampilkan dan diekspos secara maksimal. Sehingga bisa menarik investor datang ke Riau. 

“Tentu saja ini baik karena bila investasi masuk, peluang kerja juga terbuka,” ujarnya, Senin (14/11/2022). 

Namun yang tak kalah pentingnya, pria kelahiran Rokan Hilir ini juga berharap ajang Riau Expo bisa lebih memaksimalkan peluang pemasaran bagi produksi yang dihasilkan dari Bumi Kancang Kuning. Khususnya produk usaha kecil milik masyarakat. 

“Sebab yang masih menjadi kendala bagi pengusaha kecil di daerah seperti kita ini, adalah kurangnya peluang pasar sehingga tidak semua produksi bisa terjual dengan baik,” ujarnya. 

Kondisi ini terjadi bisa disebankan banyak faktor. Di Redaksi Posnya masih minimnya informasi peluang pasar yang diketahui masyarakat. 

Karena itu, Jhony berharap dari ajang Riau Expo ini juga bisa membuka informasi pangsa pasar yang seluas-luasnya bagi masyarakat pelaku ekonomi di Riau. 

“Pelaksana kegiatan bisa mengundang calon pembeli yang potensial. Tidak hanya di dalam negeri, juga dari luar. Bila arah pemasaran semakin terbuka, maka peluang UMKM di Riau untuk berkembang dan besar, akan semakin cerah,” tulisnya. 

Bantu Pemasaran

Lebih lanjut, lulusan Amerika ini mengambil contoh, di beberapa negara, pemerintah ikut berperan dan membantu dalam memasarkan produk masyarakat. Dampaknya memang luar biasa. Di mana usaha yang dibangun masyarakat dapat berkembang. 

“Pada ranah ini, peran pemerintah sangat besar. Kita berharap hal serupa juga bisa diterapkan di Riau. Jadi dukungan itu diberikan secara maksimal. Mulai dari memberi ruang untuk promosi sepeeti Riau Expo, pemerintah juga membantu dalam hal pemasaran,” tulisnya. 

paling tidak, pemerintah bisa memberiksn perlindungan bagi pelaku UMKM jika mereka merasa dirugikan atau tertekan karena industri yang lebih besar. 

“Pemerintah idealnya bisa memberikan solusi yang tepat. Dengan demikian roda perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik,” ujarnya. 

“Intinya, ajang Riau Expo ini patut didukung. Namun pelaksanaannya harus lebih baik dari sebelumnya. Apa yang belum bisa dipenuhi saat ajang tahun lalu, bisa diperbaiki dan ditingkatkan pada tahun ini. Begitu seterusnya hingga masa mendatang,” harapnya lagi. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, Helmi D menyampaikan, tidak hanya melakukan promosi untuk skala provinsi, juga melakukan promosi untuk DPMPTSP se-Indonesia hingga investor dari luar negeri.

Menurutnya, Riau tidak hanya memiliki nilai investasi nya yang besar, akan tetapi Riau juga memiliki banyak pariwisata. Sehingga diharapkan Riau Expo juga dapat menarik minat pengunjung untuk berwisata ke Riau.

“Output Riau Expo yaitu pada tahun 2023 mendatang realisasi investasi akan lebih tinggi dari tahun ini,” ujarnya saat sosialisasi Riau Expo beberapa waktu lalu. (*)

Editor: Eberta Malik

Baca Juga :