featured image

Manado, Sulawesi Utara (Redaksi Pos) – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyatakan Hari Anak Sedunia 2022 merupakan kesempatan bagi pemerintah dari pusat sampai daerah untuk memperkuat terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak.

“Setiap peringatan Hari Anak Sedunia dapat menjadi kesempatan untuk solusikan permasalahan yang dihadapi oleh anak. Eksekutif Direktur UNICEF menyatakan masih ada banyak masalah utama yang dihadapi oleh anak-anak saat ini dan di masa depan,” kata Olly dalam Hari Anak Sedunia 2022 di Manado, Sulawesi Utara, Minggu.

Olly menuturkan pemerintah harus segera mewujudkan tanggung jawab tersebut ke dalam aksi nyata, karena anak-anak saat ini harus dihadapkan dengan masalah yang memiliki dampak jangka panjang seperti keterbatasan air bersih, iklim dan udara bersih, kesehatan psychological, kemiskinan, hingga kekerasan dan konflik.

Selain menciptakan lingkungan yang aman, Hari Anak Sedunia harus juga dimaknai dan dimanfaatkan untuk memperkokoh tekad dan memperkuat komitmen yang meningkatkan jalan sinergi pemerintah sampai dengan akar rumput.

Apalagi hari anak yang dirayakan bersama dengan anak-anak dari kawasan ASEAN yang telah berdialog bersama lewat ASEAN Formative years’s Forum Seventh (ACF Seventh), dapat membantu anak bangsa juga pemerintah untuk mendorong partisipasi anak agar bisa menikmati seluruh hak nya. Melalui keserasian, keseragaman serta keberagaman untuk menerapkan masa depan yang di dalamnya bisa mempersiapkan semua anak menghadapi tantangan tadi.

Olly turut mengajak semua pihak memperkuat kerja sama agar semua anak bisa mendapatkan hak-haknya secara gratis dan konkret. Sehingga anak-anak dapat bergerak menjadi anak yang cerdas, tumbuh dengan baik dan berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.

Dirinya mendorong atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara untuk bersama masyarakat turut menolak kekerasan pada anak-anak.

“Mari kita tingkatkan peran kita masing masing peran keluarga dalam pengasuhan serta menurunkan angka pekerja anak yang terintegrasi terhadap tumbuh kembang anak dan semua bersama-sama menjaga dan menolak perkawinan dini,” katanya.

Sementara itu, Aktris Shanna Shannon berharap Hari Anak Sedunia 2022 semua potensi dan talenta yang telah diberkahi oleh Tuhan, dapat dimanfaatkan oleh anak-anak untuk mendorong pembangunan bangsa yang lebih baik sebagai penerus masa depan.

“Selamat Hari Anak Sedunia, kita harus memanfaatkan talenta dan potensi itu agar tidak hanya berguna bagi diri kita sendiri, tapi juga buat orang lain terutama buat bangsa dan negara,” ujar penyanyi cilik tersebut.

Baca juga: Kak Seto: Hari Anak Sedunia ingatkan pentingnya pemenuhan hak anak

Baca juga: Hari Anak Sedunia momentum hargai partisipasi anak dalam pembangunan

Baca juga: KPPPA: Hari Anak Sedunia 2022 diwarnai keterlibatan semua anak bangsa

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © Redaksi Pos 2022

Baca Juga :