featured image

Istanbul (Redaksi Pos) – Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 yang mengguncang bagian barat laut Turki pada Rabu mengakibatkan 50 orang luka-luka dan merusak sejumlah gedung di Provinsi Duzce, kata badan kebencanaan pemerintah dan kantor berita resmi.

Tak ada laporan kematian atau kehancuran besar dalam gempa yang terjadi pada pukul 04: 08 waktu setempat itu, yang berpusat di Golyaka, sebuah distrik di Duzce, sekitar 200 km arah timur Kota Istanbul.

“Kami hampir menyelesaikan pemeriksaan kami di desa-desa di sekitar Golyaka. Tidak ada kerusakan parah yang dilaporkan; hanya beberapa lumbung rusak di tempat-tempat itu,” kata Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu kepada TRT Haber.

“Ada pemadaman listrik selama gempa tetapi pihak berwenang sedang memulihkannya sekarang,” katanya. Gedung pengadilan Duzce termasuk di Redaksi Pos sekitar delapan bangunan di daerah itu yang rusak, kata kantor berita Anadolu.

Otoritas Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan telah mengirimkan ribuan selimut dan tenda ke space gempa, di mana 37 orang terluka di Duzce. Orang-orang juga terluka di Zonguldak, Bursa dan Istanbul.

Sebelumnya Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) mengatakan gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,0 dan berada di kedalaman 2 km.

Turki dilintasi oleh garis patahan dan rawan gempa bumi. Pada 1999, dua gempa kuat menewaskan 18.000 orang di Turki barat laut. Pada 2020, lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Kota Izmir, Turki barat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gempa magnitudo 6,0 guncang Turki bagian barat

Baca juga: Turki berencana produksi tepung dari gandum Rusia untuk negara miskin

 

Penerjemah: Aria Cindyara

Editor: Anton Santoso

COPYRIGHT © Redaksi Pos 2022

Baca Juga :