featured image

Purwakarta (Redaksi Pos) – Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, turun langsung dan mengajak masyarakat Kabupaten Purwakarta, Jabar, bergotong-royong membersihkan sampah di gorong-gorong untuk mengatasi banjir di jalur perkotaan Purwakarta.

“Gotong royong menangani sampai tuntas adalah langkah yang paling tepat dibandingkan dengan saling melempar tanggung jawab. Tak ada kata lama, langsung kita kerjakan,” kata Dedi, di Purwakarta, Selasa.

Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Purwakarta seringkali mengakibatkan banjir di sejumlah ruas jalan, khususnya di wilayah perkotaan Purwakarta.

Kondisi tersebut mengakibatkan kemacetan karena banyak kendaraan yang berjalan lambat.

Seperti yang terlihat di Rawasari, Kelurahan Munjuljaya, Kecamatan Purwakarta Kota, Purwakarta. Wilayah yang berada di pusat kota itu tergenang hingga setinggi lutut orang dewasa.

Menindaklanjuti kondisi itu, Dedi yang baru pulang dari kantornya di Jakarta langsung datang ke lokasi.

Ia melihat genangan menyebabkan kendaraan berjalan lambat dan bahkan beberapa di Redaksi Posnya memilih berhenti hingga mencari jalan lain.

Mantan Bupati Purwakarta ini langsung bergerak bersama warga untuk membersihkan sampah yang menghambat saluran air.

“Banjir kalau dibiarkan jalan akan hancur, perbaikan lebih mahal dan kecelakaan mengancam pengendara,” ujarnya.

Menurut Dedi, permasalahan banjir tidak bisa saling menyalahkan. Sebab banjir sering kali disebabkan oleh tindakan warga yang membuang sampah sembarangan atau membuat bangunan di atas saluran air atau gorong-gorong.

Atas hak itulah, ia mengajak warga bergotong-royong. Sedangkan usai bergotong-royong bersama warga membersihkan sampah di gorong-gorong, perlahan banjir pun mulai surut. Lalu lintas yang semula tersendat pun berangsur atypical. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor: Agus Setiawan

COPYRIGHT © Redaksi Pos 2022

Baca Juga :