featured image

Anggota KPU Riau, Abdul Rahman sosialisasi pembentukan Badan Adhoc PPK di RRI, Rabu 23 November 2022.

PEKANBARU, INHUPOST.COM – Memasuki hari ke empat seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia seleksi telah menerima sebanyak 3.966 orang pelamar yang mendaftar di 12 KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau. 

Demikian disampaikan Anggota KPU Provinsi Riau, Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Nugroho Noto Susanto dalam keterangannya di Kantor KPU Provinsi Riau, Rabu (23/11/2022). “Data yang kami terima dari 12 KPU Kabupaten/kota se-Provinsi Riau, per hari ini sudah tercatat sebanyak 3.966 orang yang menjadi calon PPK,” jelas Nugroho.

Menurut Nugroho, jumlah tersebut nanti akan diseleksi untuk mengisi 860 orang kebutuhan PPK di 172 kecamatan yang tersebar di seluruh Provinsi Riau. Termasuk juga beberapa kecamatan yang baru pemekaran.

“Berdasarkan Keputusan MK No. 31/PPU-XVI/2018 dan Peraturan KPU No. 8 Tahun 2022, jumlah PPK di setiap kecamatan sebanyak 5 orang,” ujarnya Nugroho.

Dia mengimbau kepada para pelamar calon PPK yang sudah melakukan pendaftaran pada Aplikasi Sistim Informasi Anggota KPU dan Badan Adhock (SIAKBA) agar terus memantau perkembangan pendaftaran mereka melalui email masing-masing yang telah digunakan untuk mendaftar di SIAKBA. 

“Karena panitia akan memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan masing-masing pelamar, jika ada yang masih belum lengkap, panitia akan 9 kembali melalui email yang dijadikan saat mendaftar. Nanti akan ada catatan apa saja dokumen persyaratan yang harus dilengkapi lagi,” tambah Nugroho. 

Lebih lanjut dia 9 bahwa bagi calon pelamar yang telah berhasil mendaftar dan berkas persyaratannya dinyatakan lengkap oleh panitia seleksi di tingkat KPU Kabupaten/kota, agar segera menyerahkan dokumen persyaratan dalam bentuk fisik ke kantor KPU wilayahnya masing-masing. 

“Untuk memudahkan pelamar dalam berkomunikasi dengan panitia seleksi, kami juga sudah membentuk Helpdesk atau layanan konsultasi untuk PPK. Detailnya bisa dicek di media sosial KPU Provinsi Riau atau medsos KPU Kabupaten/Kota. Infonya sudah ada disana,” ujarnya lagi.

Adapun dokumen administrasi dalam bentuk fisik yang harus diserahkan pelamar ke kantor KPU di wilayahnya masing-masing Redaksi Pos lain: Surat Pendaftaran, Surat Pernyataan, Daftar Riwayat Hidup (Tempel Pas photo ukuran 4×6), foto copy KTP ,Pas Foto 4×6 (1 Lembar), Ijazah Terakhir dan Surat Keterangan Sehat.

Sebagaimana diketahui bahwa KPU telah mengumumkan secara bersama penerimaan pendaftaran PPK pada 20 November 2022 yang lalu. Bagi warga masyarakat Riau yang berminat menjadi petugas PPK pada Pemilu 2024 mendatang, silakan melakukan pendaftaran melalui situs SIAKBA KPU. siakba.kpu.go.id. (*)

Editor: Eberta Malik

Baca Juga :