featured image

InhuPost, KUALA LUMPUR – Persediaan minyak sawit di Malaysia kemungkinan bakal naik ke degree tertingginya dalam tiga tahun terakkhir menyusul adanya kenaikan produksi di negeri Jiran yang melampaui permintaan ekspor.

Stok melonjak sekitar 8% pada September dari bulan sebelumnya menjadi 2,26 juta ton, menurut survei Bloomberg terhadap 10 analis, pedagang dan eksekutif perkebunan. Itu akan menjadi kenaikan bulanan keempat berturut-turut, serta mengangkat stok minyak sawit ke degree tertinggi sejak Oktober 2019.

Dilansir Bloomberg, peningkatan persediaan dan percepatan produksi telah membayangi pengiriman yang kuat dari Malaysia, mendorong penurunan harga tiga bulanan terburuk sejak 2008 dan memberikan beberapa bantuan untuk inflasi pangan dunia. Kekhawatiran yang meningkat bahwa resesi world akan mengekang permintaan minyak nabati juga menekan masa depan, bahkan ketika ringgit yang lemah membuat minyak lebih menarik bagi pembeli yang sensitif terhadap harga.

BACA JUGA: Harga CPO di Bursa Malaysia Naik, Menyusul Kenaikan Harga Minyak Kedelai

Produksi Malaysia naik sekitar 2,3% pada September ke degree tertinggi dua tahun 1,77 juta ton, survei menunjukkan, melambat dari kenaikan 10% pada Agustus. Ekspor terlihat melonjak 7,7% menjadi 1,40 juta ton, terkuat sejak Desember.

Minyak sawit akan tetap bergejolak, kata Sathia Varqa, salah satu pendiri Palm Oil Analytics berasal dari Singapura. “Meningkatnya pasokan dan hambatan makro ditumpuk terhadap kondisi ekspor yang menguntungkan dari penawaran tunai rendah, diskon besar-besaran kelapa sawit untuk minyak nabati saingan, ringgit yang lemah dan penurunan tarif pengiriman,” katanya.

Harga diprediksi masih akan berfluktuasi Redaksi Pos RM 3.300 (US$ 710) hingga RM 3.700 per ton di bulan Oktober 2022. Kontrak berjangka untuk pengiriman Desember 2022 diperdagangkan pada RM 3.750 ton pada Rabu (5/10/2022). (T2)

Put up Views: 456

Dapatkan replace berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Recordsdata Update”, caranya klik link InhuPost-Recordsdata Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :