featured image

Kadis Pendidikan Riau, Job Kurniawan saat rapat dengan anggota Dewan Pendidikan Riau 2022-2027 dalam agenda koordinasi dan penyusunan struktur kelembagaan. ist

PEKANBARU, INHUPOST.COM – Usai dipilih Gubenur Riau dan diumumkan kepada masyarakat luas hasil seleksi Dewan Pendidikan Provinsi Riau (DPPR) periode 2022-2027. Dinas Pendidikan Riau mengambil langkah cepat dengan berkoordinasi dengan 13 anggota yang dipilih tersebut. 

‘’Kita berharap Dewan Pendidikan ini bisa secepatya melaksanakan tugas, sehingga bisa membantu gubernur untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan yang timbul di Riau, Untuk itu, saya secepatnya ingin struktur kelembagaannya segera ditetapkan,’’ sebut Kepala Dinas Pendidikan Riau Job Kurniawan. 

Pemilihan Ketua Dewan Pendidikan ini pun dilakukan Selasa (18/10/2022) di ruangan rapat Dinas Pendidikan Riau di Jalan Cut Nyak Din Pekanbaru. Hadir dalam kesempatan itu, 12 anggota dari 13 yang sudah ditetapkan Gubri melalui SK No Kpts 1508/X/2022. 

Proses pemilihan ini berlangsung lancar dan menghasilkan keputusan Prof Dr B Isyandi MSc, guru besar Universitas Riau dipercayakan sebagai Ketua Dewan Pendidikan Riau untuk 5 tahun mendatang. 

Prosen pemilihan ini sendiri dilakukan secara pemungutan suara (votting), sebab ada tiga nama calon ketua yang diusulkan oleh anggota DPPR.

“Adanya latar belakang keilmuan dan profesi sangat beragam, maka ada beberapa nama yang diusulkan anggota yang dianggap layak yaitu B Isyandi, Junaidi dan Fithriady Syam. Muncul tiga nama, lalu disepakati untuk dua nama memiliki dukungan terbesar dipilih kembali melalui pemungutan suara,’’ sebut ketua sidang sementara Syamsuardi yang didampingi Saut Maruli Tua. 

Dalam proses itu, akhirnya Prof B Isyandi MSc ditetapkan setelah memperoleh dukungan 8 suara dari 12 anggota yang hadir. 

Guru besar Unri ini, setelah dipercaya sebagai Ketua DPPR Riau mengatakan akan berupaya untuk memberikan segala kemampuan untuk menjalankan lembaga ini.

‘’Kita banyak mendapat masukan dan usulan dari masyarakat untuk mengatasi, memberikan dukungan, serta membantu Gubernur Riau dalam persoalan pendidikan. Mudah-mudahan dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda, anggota DPPR ini bisa memberikan yang terbaik dan optimal,” sebut B Isyandi.

Selain memilih ketua, rapat ini juga menentukan struktur dan bidang-bidang kerja yang menjadi fokus dalam kegiatan lima tahun mendatang.

Strukturnya Redaksi Pos lain Wakil Ketua (Dr Junaidi SS Mhum), Sekretaris (Drs H Martius Busti MM, MH), Drs H Syamsuardi MPd (Wakil Sekretaris), Drs H Syahruddin MP (Bendahara), Dr Saut Maruli Tua Manik SH MH (Koorbid Advokasi dan SDM), Syafruddin SH MH (anggota), Fauzan MSi (Koorbid Mutu dan Data), Dr Masyhuri  Spsi MSi (anggota), H Fithriady Syam SSi (Koorbid Kemitraan dan Publikasi), Aiden Yusti SPd MSi (anggota), H Khaidir Akmalnas SH (Koorbid Muatan Lokal), dan H Herman Maskar SPd MSi (anggota).

Sesuai rencana, setelah struktur ini terbantuk, maka Dinas Pendidikan Riau akan mengusulkan kepada Gubernur Rau untuk segera melakukan pelantikan.

“Sehingga cepat bekerja dengan waktu yang masih tersisa untuk kegiatan tahun 2022 dan juga segera untuk menyususn perencanaan untuk kegiatan di tahun mendatang,’’ tutup Job Kurniawan. (*)

Editor: Eberta Malik

Baca Juga :