featured image

InhuPost, BEKASI – Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (Poltek Kelapa Sawit CWE) pada Sabtu, (29/10/2022) kembali menggelar wisuda untuk angkatan ke XIV, bertempat di Kampus Poltek Kelapa Sawit CWE, Bekasi, Jawa Barat.

Diungkapkan Direktur Poltek Kelapa Sawit CWE, untuk lulusan angkatan ke XIV ini terdapat sebanyak 104 lulusan yang terdiri dari 67 lulusan Program Studi D3-Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit dan 37  lulusan Program Studi D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.

“Dimana Lulusan berpredikat cum laude atau pujian berjumlah 18 lulusan yang terdiri dari 16 lulusan Prodi D3-Budidaya dan 2 lulusan Prodi D3-Teknologi Pengolahan,” katanya kepada InhuPost.

Lebih lanjut tutur Nugroho, selain para wisudawan telah menuntaskan pendidikannya, juga sebagian   telah mengikuti dan lulus uji kompetensi. Bagi mahasiswa program studi Budi Daya , sertifikasi kompetensi diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perkebunan dan Holtikultura Indonesia (LSP PHI) yang telah mendapatkan lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menyelenggarakan uji kompetensi.

“Sampai dengan wisuda angkatan ke 14 hari ini, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi telah meluluskan dari program Diploma 3 sebanyak 1507 lulusan, yang terdiri dari 694 lulusan(46%) D3 Budidaya, 370 lulusan (25%) D3 Teknologi Pengolahan, dan 443 (29%) lulusan D3 Manajemen Logistik,” terang Nugroho disela-sela acara wisuda.

Kata Nugroho, para lulusan Poltek Kelapa Sawit CWE ke IV ini sebagian telah diminta oleh beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional untuk langsung bekerja guna mendukung pengembangan industri kelapa sawit Indonesia.

“Sebagian para lulusan telah diterima untuk bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan mereka bisanya akan diterima sebagai Asisten,” ungkap Nugroho.

Beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit bahkan mulai kembali melakukan kerjasama dengan pihak kampus guna melakukan program beasiswa pendidikan D3. Kata Nugroho, para lulusan Poltek Kelapa Sawit CWE diyakini telah memiliki kompetensi yang mumpuni di sektor kelapa sawit selain dibekali dengan sertifikat kompetensi juga telah teruji di lapangan dengan telah menuntaskan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Sementara diungkapkan Kepala Divisi Program Pelayanan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Arfie Thahar, dari sederet program yang diamanatkan ke BPDPKS, salah satunya ialah melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami ditugaskan untuk menjalankan program-program untuk sektor kelapa sawit, diRedaksi Posnya dukungan pengembangan SDM sawit, program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), sarana dan prasarana, Riset & Pengembangan, program biodiesel, promosi dan advokasi serta pengembangan yang sifatnya strategis untuk bisa mensinergikan Redaksi Pos sektor hulu-hilir sawit,” katanya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut tutur Arfie, saat ini rendahnya produktivitas perkebunan kelapa masih menjadi salah satu isu penting di sektor hulu, karena itu dengan pengembangan SDM sawit ini harapannya kendala produktivitas tersebut bisa segera terselesaikan.

Sebab itu tutur Arfie, BPDPKS akan terus melakukan kerjasama dalam pengembangan SDM Sawit, bila sebelumnya hanya bekerjasama dengan 4 lembaga pendidikan, saat ini telah melakukan kerjasama dengan 7 lembaga pendidikan. “Termasuk memberikan beasiswa kepada sekitar 1000 siswa,” tandas Arfie. (T2)

Dibaca : 89

Dapatkan substitute berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Data Update”, caranya klik link InhuPost-Data Update, kemudian join. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :