featured image

InhuPost, BANGKA – Propinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) identik dengan timah. Banyak kisah yang mengikutinya. Dari cerita manis hingga yang miris. Salah satunya adalah dampak alam yang tersisa dari jejak penggalian timah.

Kini generation timah mulai meredup. Masyarakat Babel pun mulai beralih ke sektor pariwisata dan kelapa sawit. Dari timah ke sawit bisa jadi pasangan yang cocok. Sawit bisa membantu kembali menghijaukan Babel. Secara luasan, sawit di Babel kalah jauh dari wilayah Propinsi yang ada di Sumatera. Information menyebutkan hanya sekitar 75 ribu hektar saja. Bandingkan dengan Sumatera Selatan (Sumsel) yang memiliki luasan kebun sawit 1,5 juta hektar. Bahkan GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) baru saja membentuk cabang di wilayah ini. Kepengurusan Cabang Babel baru berdiri dan dilantik tanggal 30 Juni 2022. Dipimpin Tokoh Senior Datuk Dr Ramli Sutanegara.

Kendati baru berdiri, Datuk Ramli langsung bergerak. Lantas merespon salah satu topik penting, tentang Pekerja Perempuan Sawit. Topik Perempuan sedang menjadi perhatian dan agenda Indonesia. Kesetararaan dan Pemberdayan Perempuan bahkan menjadi agenda world. Sawit dengan jutaan pekerja perempuan aktif dengan berbagai aksi dan inisiatif. Dengan kegiatan ini diharapkan sawit Babel semakin berkelanjutan dan pekerja perempuan dilindungi, diberdayakan dan semakin sejahtera.

Dalam keterangan resmi diterima InhuPost, Jumat (28/10/2022), GAPKI sebagai organisasi pengusaha menyusun panduan praktis. Kompilasi dari berbagai praktek baik yang ada pada anggotanya. Kemudian dipublikasikan dalam bentuk cetakan buku. “Diharapkan dapat menjadi alat dan panduan untuk implementasi di semua pekebun sawit. Termasuk petani yang sangat beragam dari kecil hingga petani berskala korporasi,” kata Ketua GAPKI Bidang Ketenagakerjaan, Sumarjono Saragih.

Buku Panduan Praktis Perlindungan Pekerja Perempuan disosialisaikan dipadukan dengan workshop. Bertempat di Swiss-Belhotel Pangkal Pinang, Pulau Bangka tanggal 27-28 Oktober 2022.

Hadir tidak kurang dari 100 orang: Perusahaan, Petani, Pemerintah Babel dan Pusat. Juga ada serikat buruh lokal, nasional dan internasional (CNV).

Materi disampaikan para narasumber diRedaksi Posnya,  Yuli Adiratna (Direktur Kemenaker), Nursana Marpaung (Ketua Serikat Buruh HUKATAN), Meidi (Direktur HR Grup ANJ) termasuk  Sumarjono Saragih (Ketua GAPKI Bidang Ketenagakerjaan). (T2)

Dibaca : 71

Dapatkan substitute berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Information Replace”, caranya klik hyperlink InhuPost-Information Replace, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :