featured image

PEKANBARU, INHUPOST.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau gelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIX dan XX, Rabu (19/10/2022). Kegiatan yang digelar di Hotel Hollywood Pekanbaru ini dibuka langsung oleh Direktur UKW, Prof Rajab Britonga.

Dalam kegiatan UKW itu, turut dihadiri Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus. Tak hanya itu, kegiatan UKW ini juga disponsori oleh, EMP, SPR Langgak, Pertamina Hulu Rokan, PHE Kampar, PHE Siak, Pertamina EP dan Texcal Mahato EP Ltd dan Sinar Mas Agribusines and Food. 

Direktur UKW, Prof Rajab Britonga mengatakan bahwa UKW bertujuan untuk mengajarkan wartawan menulis dengan baik dan tidak melanggar kode etik, apalagi melangga hukum.

“UKW sangat penting dan menjadi pembeda tentunya dengan wartawan yang belum UKW. Kalau terjadi permasalahan jurnalistik atau pelanggaran kode etik, mekanisme penyelesaiannya sudah diatur di dewan pers,” ujar Rajab.

Menurutnya, wartawan yang ikut UKW ini merupakan kesempatan yang baik. Dengan UKW ini, peserta yang lulus akan dinyatakan kompeten sebagai wartawan.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan, bahwa ini kesekian kalinya SKK Migas mendukung peningkatan UKW ini. Menurutnya, wartawan punya peran penting terhadap kelancaran operasional hulu migas maupun pemberitaan yang positif dalam hulu migas di Riau.

“Oleh karena itu, kami berharap ini menjadi stimulus bagi wartawan dalam pemberitaan positif maupun capaian-capaian industry hulu migas, sehingga informasi itu sampai kepada masyarakat,” kata Rikky.

Dikatakannya, tahun ini SKK Migas memberikan dukungan terhadap 100 orang wartawan yang mengikuti UKW di Pekanbaru maupun Rokan Hulu. pihaknya berharap, peserta dapat menyelesaikan mata uji yang telah disiapkan dan lulus seratus persen.

Selanjutnya, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang mengatakan, tahun ini PWI Riau menargetkan wartawan UKW 100 orang. Tapi nyatanya, PWI Riau sudah mengikutsertakan 130 persen wartawan.

“Kita berterimakasih atas dukungan yang diberikan SKK Migas Sumbagut KKKS Wilayah Riau, Sinarmas dan sponsor lainnya. Dimana UKW pada angkatan XIX dan XX ini, ada 10 kelas yang semuanya didukung oleh sponsor,” ujar Zulmansyah.

Dikatakannya, pada UKW ini ada 7 kelas Muda, 2 kelas Madya dan 1 kelas Utama.

Saat ini kata Zulmansyah, PWI Riau memiliki 1.046 wartawan. Dari total itu, 579 wartawan sudah UKW, dan sisanya merupakan anggota PWI yang aktif namun belum UKW. Mereka yang belum UKW sekitar 492 orang.

Menurutnya, jika tidak dibantu sponsor dari SKK Migas maupun Sinarmas Agribusines and Food maka wartawan akan merasa berat untuk ikut UKW. Karena untuk ikut UKW secara mandiri akan terbebani biaya yang cukup besar. 

Oleh karena itu, pihaknya sangat berterimakasih kepada pihak sponsor yang telah mendukung program PWI dalam melaksanakan UKW bagi wartawan. Ia pun berharap agar para sponsor dapat mencapai target yang diinginkan.

“Semoga capaian dari sponsor ini selalu mencapai target. Karena kalau tidak dibiayai oleh sponsor maka per orang bisa kena biaya Rp2,6 juta,” ungkapnya.

Ia juga berterimakasih juga kepada penguji, semoga menambah ilmu dan kualitas wartawan dan tentunya dinyatakan kompeten. Kalau kompeten, tentu kuliatas pemberitaan lebih baik. 

“Kita berharap, wartawan yang sudah kompeten nanti bisa menjadi duta wartawan dan dapat menerapkan kode etik jurnalistik. Karena banyak laporan kepada PWI, dan alhamdulillah bukan anggota PWI dan bukan juga terdaftar di dewan pers. Karena banyak yang mengaku-ngaku wartawan di luar sana. Sekali lagi, jadilah wartawan yang kompeten dan bekerja sesuai kode etik jurnalistik,” harapnya.(*)

Editor: Eberta Malik

Baca Juga :