featured image

Bupati Rohil, Afrizal Sintong saat memimpin upacara peringatan HUT Rohil ke 23 yang dipusatkan di depan kantor BPKAD, Kota Bagansiapiapi. ist 

ROKAN HILIR, INHUPOST.COM – Tepat pada hari ini 04 Oktober 2022, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) genap berusia 23 tahun. Dimana, berdirinya Kabupaten Rohil sesuai dengan undang-undang nomor 53 Tahun 1999.

Bupati Rohil Afrizal Sintong secara langsung memimpin upacara peringatan HUT Rohil ke 23 yang dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Selasa (4/10/2021). 

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan bahwa, dibulan Oktober ini, ada beberapa peristiwa yang mempunyai nilai historis dan strategis, serta menjadi penting untuk diperingati. 

Peristiwa penting tersebut kata Bupati, Redaksi Pos lain pada tanggal 4 oktober pada setiap tahunnya, kita peringati sebagai Hari Jadi Kabupaten Rohil dan telah pula ditetapkan menjadi agenda Daerah, bahwa penyelenggaraan peringatan Hari Jadi Kabupaten Rohil akan dilakukan upacara sebagimana saat ini dilaksanakan dan serentak juga dilaksanakan di setiap kecamatan se-Kabupaten Rohil.

Sebagai kegiatan puncak dari penyelenggaraan peringatan Hari Jadi Kabupaten Rohil adalah akan dilaksanakanya sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rohil.

Tanggal 5 oktober lanjutnya, diperingati sebagai “Hari Lahirnya Tentara Nasional Nasional Indonesia”. Untuk itu, dalam kesempatan tersebut atas nama jajaran Pemerintah dan segenap masyarakat Kabupaten Rohil, Bupati menyampaikan ucapkan selamat buat Anggota dan segenap keluarga besar Tentara Nasional Indonesia, yang merayakan Hari Jadinya yang ke 77. “Semoga TNI tetap jaya dalam mengamankan dan mempertahan keutuhan Negara Kesatuan Repulik Indonesia,” kata Bupati. 

Bupati menerangkan, sebagai bangsa yang bermartabat, serta masyarakat yang berbudaya, memperingati lahirnya suatu peristiwa haruslah dilihat, dikaji dan dicermati dari berbagai aspek. 

“Karena dalam proses dan perjalanan peristiwa itu banyak terkandung pesan dan mempunyai makna dan nilai-nilai moral yang patut dipahami, sekaligus menjadi pelajaran dan pengalaman bagi kita, khususnya bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan Rohil kedepan,” sebutnya.

Kabupaten Rohil sebut Bupati, yang dengan melalui proses panjang dan berliku, serta memerlukan berbagai pengorbanan, sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan memisahkan diri dari stuktur Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, namun terbentuknya struktur pemerintahan baru yang saat ini bernama Kabupaten Rohil.

“Tentunya hendaklah dapat kita pastikan, selain memperpendek rentang kendali terciptanya optimalisasi akses pelayanan pemerintah dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat, haruslah menjadi perhatian kita bersama,” jelasnya. 

Saat ini katanya lagi, cita-cita dari para pelaku perjuangan Kabupaten Rohil, masih banyak yang belum dicapai, sedangkan diRedaksi Pos dari mereka banyak yang telah mendahui kita. 

“Maka oleh karena itu, sepantasnyalah kepada kita semua khususnya kita yang hadir disini menyampaikan penghargaan, sembari memanjat do’a, memberikan balasan yang setimpal atas perjuangan tersebut,” terangnya. 

Bupati juga mengatakan, sebagai penerus perjuangan bangsa, dan pembangunan Rohil, kita hendaknya menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut, sebagai motivasi dan orientasi kita didalam melaksanakan pembangunan. 

Nilai dan semangat dimaksud adalah terbangunnya nilai kebersamaan, mau bekerja keras, kerelaan berkorban untuk kepentingan yang lebih besar serta keikhlasan untuk berbuat yang terbaik.

Sejalan dengan nilai dan semangat tersebut diatas lanjutnya, maka Tema yang kita usung pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir tahun ini, adalah; “Melalui Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke-23 Tahun 2022, Kita wujudkan Kabupaten Rokan Hilir yang AMAN yaitu Amanah, Makmur dan Nyaman”.

“Dengan Tema ini, diharapkan dapat menggugah kita, untuk dapat melahirkan jiwa dan semangat baru, dalam melaksanakan pembangunan guna terwujudnya Daerah masyarakat Kabupaten Rohil yang maju, religius, dan berbudaya berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal,” harapnya. 

Bupati menambahkan, pada Tanggal 4 oktober disetiap tahunnya, adalah merupakan suatu momentum penting yang memiliki nilai historis, terutama bagi segenap lapisan masyarakat Rohil baik yang tinggal di perkotaan maupun dipedesaan, untuk mengingat kembali Dharma Bhakti dan jasa-jasa para pejuang dan pendiri Kabupaten Rohil sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT, hingga terbentuknya upacara memperingati Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-23.

Dalam pidatonya, Bupati juga menceritakan sejarah awal berdirinya Kabupaten Rohil yang dulunya dibawah Kabupaten Bengkalis. “Selaku Pemerintah Daerah, kami mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Rohil yang ke 23. Mari bersama membangun daerah demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat kedepannya,” pungkasnya. 

Upacara hari jadi Kabupaten Rohil ke 23 itu juga dihadiri Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Ketua DPRD Rohil Maston, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Ketua PN Rohil, Ketua PA, para kepala OPD, Ormas, OKP, tokoh pemuda, tokoh agama dan berbagai unsur lainnya. (*)

Editor: Eberta Malik

Baca Juga :