featured image

InhuPost, PEKANBARU – Akhirnya bibit sawit yang ditanam Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar ‎pada 12 April 2019 lalu di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Rokan Hulu sudah bisa di panen, Senin (24/10/2022). Sawit itu tumbuh dengan subur dan dipenuhi dengan tandan buah sawit yang besar di lahan seluas 697 hektare.

Syamsuar menungkapkan, apreasiasi terhadap PT Perkebunan NusRedaksi Pos (PTPN) V yang telah  memberikan bantuan kepada petani sawit sekaligus memberikan penyuluhan. “Mudah-mudahan kedepan ini tetap jaga, karena waktu penanaman perdana kerja sama PTPN dengan koperasi disini saya ikut menyaksikan bersama dengan ibu menteri BUMN saat itu,” kata Syamsuar pada acara panen perdana sawit plasma PTPN V, KUD Makarti Jaya, Senin (24/10/2022), dalam keterangan resmi diperoleh InhuPost.

Lebih lanjut tutur Syamsuar, dirinya mengakui bahwa Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang diusung PTPN V telah meningkatkan produktivitas kebun sawit petani.

Acara penen perdanan itu dihadiri juga Bupati Rokan Hulu, Sukiman serta Direktur Utama Holding Perkebunan NusRedaksi Pos III Persero, Mohammad Abdul Ghani dan Direktur Utama PTPN V, Jatmiko Santosa melakukan panen perdana sawit plasma binaan PTPN V.

Gubernur bergelar Datuk Sri Setia Amanah itu mengakui bahwa kondisi tanaman sawit plasma binaan PTPN V tumbuh subur dan dalam kondisi sangat baik. Bahkan, ia kagum karena pada usia awal panen, perkebunan sawit tersebut telah menghasilkan produktivitas hingga enam ton per hektare. Sementara dalam kondisi umum, hanya empat ton per hektare.

Selain itu, usia panen juga tergolong sangat cepat yakni 28 bulan, dari umumnya 36 bulan. Hal itu karena pola single management atau manajemen tunggal yang diterapkan PTPN V, baik dari mulai penumbangan sawit renta, penanaman, pemupukan, hingga perawatan dilaksanakan karyawan PTPN V.

Dengan begitu, para petani yang mengikuti program PSR PTPN V memperoleh tambahan ilmu pengetahuan melalui skema switch records dari anak perusahaan Holding Perkebunan NusRedaksi Pos III Persero tersebut.

Untuk itu, Syamsuar mengapresiasi langkah PTPN V yang sejak awal dipimpin oleh Jatmiko Santosa tiga tahun lalu terus mengakselerasi program peremajaan sawit dengan tujuan utamanya meningkatkan produktivitas sawit petani dan mendongkrak kesejahteraan petani.

“PTPN telah membantu pemerintah dalam percepatan PSR. Saya imbau agar masyarakat Riau dapat bermitra dengan PTPN V dan PSR dapat terus diperluas,” ujarnya. (T2)

Submit Views: 68

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Change”, caranya klik hyperlink InhuPost-News Change, kemudian be a part of. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :