featured image

InhuPost, BOGOR – Sektor pertanian menjadi salah satu sektor penopang ekonomi di Indonesia lRedaksi Posn berperan penting sebagai sumber utama pangan, dan penggerak ekonomi perdesaan. Peranan sektor ini di Indonesia bisa saja ditingkatkan lagi apabila dikelola dengan baik, utamanya  pada subsektor perkebunan kelapa sawit, mengingat kelapa sawit memiliki pontensi besar bagi perekonomian Indonesia, hanya saja pengembangannya masih banyak terkendala, utamanya mengenai pola budidaya.

Diungkapkan Ketua Discussion board Pemuda Sawit Indonesia Hendro Kartiko, dirinya prihatin dengan para petani kelapa sawit saat ini, sebab masih banyak petani kelapa sawit utamanya petani sawit swadaya yang belu memiliki pengetahuan budidaya kelapa sawit yang baik.

“Padahal mereka membutuhkan pengetahuan budidaya yang baik dan benar,” ungkap Hendro saat memberikan pidato kunci pada seminar Pemuda Dalam Transisi Energi Berkelanjutan Berbasis Sektor Kelapa Sawit, di Bogor, Rabu (26/10/2022).

Sebab itu kata dia dalam membenahi sektor kelapa sawit dibutuhkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang mumpuni supaya para petani memahami teknis budidaya yang baik dan benar sehingga bisa mengikuti proses sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

BACA JUGA: Luhut: Perkebunan Sawit Terbukti Melanggar Dikenakan Denda yang Wajar

“Hingga saat ini belum ada organisasi atau instansi yang benar-benar fokus dalam penyuluhan teknis agronomi bagi petani sawit di Indonesia yang diperkirakan mencapai 2,67 juta kepala keluarga dengan luas lahan perkebunan kelapa sawit rakyat seluas 6,94 juta Ha (45%),” katanya dalam keterangan resmi diterima InhuPost, Kamis (27/10/2022).

Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS) telah memberikan Beasiswa kepada 4.000 orang sejak tahun 2017 hingga 2022. “Sayangnya mahasiswa penerima beasiswa tersebut 89% telah diserap perusahaan dan instansi lain. Menurut saya apabila SDM tersebut dikembalikan lagi ke rakyat sebagai penyuluh untuk para petani, maka bisa meningkatkan produktivitas kelapa sawit yang optimal dari sektor petani rakyat,” ujar Hendro.

Lebih lanjut kata dia, peran dan kontribusi pemuda diharapkan dapat dilakukan bagi sektor teknis agronomi sawit Redaksi Pos lain aktif memberikan masukan, saran dan pandangan sistematis tentang arah kebijakan penyuluhan teknis agronomi berbasis kelapa sawit berkelanjutan. (T2)

Post Views: 69

Dapatkan substitute berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Info Update”, caranya klik hyperlink InhuPost-Info Update, kemudian be a part of. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :