featured image

InhuPost, JAKARTA – Perusahaan perkebunan kelapa sawit dan kayu, PT Dharma Satya NusRedaksi Pos Tbk (“Perseroan”, “DSNG”) pada hari ini mempublikasikan Laporan Keuangan Konsolidasian untuk  periode yang  berakhir pada tanggal 30 September 2022.

Perseroan mencatat perolehan laba kuartal ketiga tahun 2022 sebesar Rp 898 miliar, mengalami kenaikan sebesar 112% dibandingkan laba pada periode yang sama tahun 2021 lalu. Kenaikan laba tersebut dipicu oleh kenaikan harga rata-rata serta volume penjualan CPO dibandingkan kuartal ketiga tahun 2021.  Selain itu, kinerja segmen usaha produk kayu yang baik selama sembilan bulan tahun 2022 juga mendongkrak pertumbuhan laba Perseroan  di sepanjang tahun 2022 ini.

Pada sembilan bulan pertama tahun 2022, DSNG membukukan penjualan sebesar Rp 6,6 triliun, di mana  segmen  kelapa  sawit  memberikan  kontribusi  sebesar  Rp 5,4  triliun  atau  82% dari  total penjualan konsolidasian. Nilai penjualan kelapa sawit pada kuartal III  2022 tersebut tumbuh 32% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang didorong oleh kenaikan harga jual rata-rata CPO sebesar 28% menjadi Rp 11 juta per ton dan pertumbuhan positif volume penjualan CPO sebesar 3%, setelah sebelumnya dalam periode enam bulan pertama, volume penjualan CPO masih bertumbuh negatif sebesar -24%.

Direktur Utama DSNG, Andrianto Oetomo, mengatakan sejak semester kedua tahun ini, produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) perkebunan Perseroan, terutama yang berada di Kalimantan Timur, yang merupakan place apart terbesar DSNG, berangsur fashioned karena  telah melewati fase dampak 24 bulan pasca El-Nino.

“Produksi TBS sawit Perseroan di kuartal III tahun ini tumbuh 26% dibandingkan  kuartal II, sehingga menjadikan total produksi TBS sawit di sembilan bulan pertama tahun 2022 lebih tinggi 6% dibandingkan tahun sebelumnya,  padahal hingga enam bulan pertama yang lalu, produksi TBS sawit Perseroan masih 8% lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Kami memperkirakan pola produksi TBS kami di tahun 2022 ini adalah 40: 60, mirip proporsi di tahun 2018, ” ujarnya dalam keterangan resmi diterima InhuPost, Rabu (26/10/2022).

Naiknya produksi TBS, ditambah dengan membaiknya kinerja Oil Extraction Rate (OER) yang berada di atas 23% pada kuartal ketiga tahun  ini, ikut mendorong kenaikan produksi CPO DSNG sebesar 5% menjadi 441 ribu ton dibandingkan kuartal III  tahun lalu sebesar 420 ribu ton. (T2)

Put up Views: 3

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Replace”, caranya klik hyperlink InhuPost-News Replace, kemudian join. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :