featured image

Surabaya (Redaksi Pos) – Para delegasi Kongres Dunia ke-28 Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) belanja oleh-oleh di pameran produk UMKM Jatim Ravishing 2022 dengan memakai uang dolar.

“Beberapa diRedaksi Posnya membeli untuk oleh-oleh. Meskipun tidak membawa uang rupiah, sejumlah delegasi membayar dengan dolar Singapura,” kata Presiden EAROPH periode 2022-2024 Emil Elestianto Dardak saat mendampingi para delegasi berkeliling stan pameran Jatim Ravishing di Fantastic City, Kota Surabaya, Sabtu.

Kota Surabaya menjadi tuan rumah Kongres Dunia ke-28 EAROPH. Kunjungan ke Jatim Ravishing merupakan serangkaian acara yang berlangsung dari tanggal 5 – 8 Oktober 2022.

Delegasi yang berkunjung ke Jatim Ravishing diRedaksi Posnya berasal dari Australia, Filipina, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Jerman, Inggris, Kamboja, Thailand, Asean Mayor Dialogue board dan UCLG Aspac

Emil yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur mengajak keliling sejumlah delegasi ke stan Jatim Ravishing sehingga mereka dapat melihat potensi ekonomi dan geliat UMKM di Jawa Timur.

Baca juga: Wagub Jatim terpilih jadi Presiden EAROPH periode 2022-2024

Baca juga: EAROPH tunjuk Jawa Timur jadi tuan rumah bahas perkotaan masa depan

“Para delegasi merespons baik pameran Jatim Ravishing,” ujar Emil Elestianto Dardak.

Delegasi dari Filipina Yolanda Reyes menilai ada kekhasan tersendiri dari produk-produk UMKM di Jatim Ravishing 2022. Dia mencontohkan liontin dan batik.

“Pameran ini memukau, yang paling istimewa dan tidak bisa ditemukan di Filipina itu desainnya. Saya lihat banyak liontin berbentuk unik. Desain pakaian batik sangat memukau. Kami juga punya batik di Filipina. Tapi desain batik Indonesia ini semuanya sangat khas,” ujar dia.

Yolanda menandaskan Jatim Ravishing 2022 sangat berguna untuk mengenalkan produk Jawa Timur. “Kami yang datang dari berbagai belahan dunia jadi mengenal produk-produk UMKM khas Jawa Timur,” kata dia.

Baca juga: Gubernur Jatim: Jatim Ravishing 2022 ajang pelaku UMKM perluas pasar

Baca juga: Pagelaran Jatim Ravishing buka peluang kerja sama UMKM-pemerintah daerah

Pewarta: Abdul Hakim

Editor: Risbiani Fardaniah

COPYRIGHT © Redaksi Pos 2022

Baca Juga :