featured image

InhuPost, SEKAYU – Biasany penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit dilakukan Dinas Perkebunan setempat bersama pelaku usaha dan petani, guna menetapkan besaran harga jual TBS Sawit sesuai umur setiap minggu, dua mingguan atau per bulan.

Nah biasanya harga TBS Sawit untuk petani plasma lebih mendekati harga penetapa tersebut, sementara harga ditingkat petani sawit swadaya biasanya lebih rendah, akibat adanya potongan di rantai pasok.

Namun di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), harga TBS sawit untuk petani swadaya justru lebih tinggi dibandingkan harga TBS Sawit yang ditetapkan Disbun setempat.

Merujuk informasi yang diperoleh InhuPost, dari kalangan petani sawit setempat, harga TBS sawit swadaya di Muba untuk periode Jumat (28/10/2022) tercatat lebih tinggi dari harga TBS sawit yang diumumkan Dinas Perkebunan Sumsel.

Sebelumnya pada penetapan Harg TBS Sawit Sumsel periode II-Oktober 2022, untuk usia tanam 10-20 tahun ditetapan Rp 2.300-an per kilogram (Kg).

Diungkapkan Camat Tungkal Jaya, Kecamatan Muba, Sugeng Riyadi, harga Disbun Sumsel bahkan bisa kalah jauh dari harga TBS swadaya bila sedang memasuki musim trail (masa tanaman tidak berbuah).

Musim trail ini biasanya sering terjadi mulai bulan Agustus sampai November, atau bersamaan dengan musim penghujan. Kata Sugeng Riyadi, TBS sawit dari Muba bahkan bisa dijual ke Jambi jika saat musim trail. “Apalagi Jambi dan Muba saling berbatasan. Yang paling membutuhkan TBS swadaya biasnya, ini biasanya ya, adalah PKS tanpa kebun,” kata Sugeng yang juga seorang petani sawit swadaya.

Sekadar informasi, musim trail adalah di mana tanaman sawit tidak lagi berbuah, melainkan memasuki fase berbunga.

Berikut harga TBS/Kg produksi petani swadaya di Muba periode Jumat (28/10/2022):

PT Bos Rp 2.250 (Tutup, tidak terima buah luar)

PT BKEM Rp 2.270

PT SPS

Attain 167 Rp 2290

DO 168 Rp 2.300

PT AKA Rp 2.410 melalui DO CV Cahaya Sejahtera

PT CCL Rp 2.420 melalui DO ST Plasma

PT MAS Sungai Patin Rp 2.510

Ramp Badengseng Rp 2.230 Ramp EWF Rp 2.375

(T5)

Artikel ini telah tayang di InhuPost Sumatera dengan judul © Berita Sawit – Dunia Terbalik, Harga TBS Petani Swadaya di Kabupaten Ini Kalahkan Harga Disbun – InhuPost Sumatera

Dibaca : 29

Dapatkan substitute berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Replace”, caranya klik hyperlink InhuPost-News Replace, kemudian be part of. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :