featured image

JAKARTA, InhuPost – Belum lama ini Forbes Real Time Billionaire kembali memperbarui daftar orang terkaya di dunia dari berbagai negara, termasuk daftar orang terkaya di Indonesia. Susunan ranking orang terkaya tersebut berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, serta sumber-sumber lainnya.

Tercatat jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki di berbagai perusahaan. Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di Redaksi Pos kerabat.

Dari 10 orang terkaya yang ditetapkan oleh Forbes Real Time Billionaires, pada Jumat (28/10/2022), ternyata masih ada pelaku usaha perkebunan kelapa sawit. Pada peringkat pertama masih ditempati Robert Budi Hartono. Bos Djarum ini memiliki kekayaan sebesar 23,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 359,3 triliun. Budi Hartono juga dikenal sebagai salah satu pemegang saham terbesar di Monetary institution Central Asia (BCA).

Selain itu, ia bersama saudaranya yakni Michael Hartono merupakan pemilik merek elektronik populer Polytron. Selain menempati peringkat pertama orang terkaya di Indonesia, Budi Hartono juga menempati peringkat ke-56 orang terkaya di dunia.

Peringkat Kedua, Michael Bambang Hartono, ia merupakan orang terkaya kedua di Indonesia versi majalah Forbes. Kakak dari Budi Hartono ini memiliki kekayaan senilai 22,2 miliar atau sekitar Rp 345,4 triliun. Sama seperti adiknya, sebagian besar kekayaan Michael Hartono bersumber dari kepemilikan saham di BCA, Djarum, dan Polytron. Keduanya memiliki perkebunan kelapa sawit dengan bendera Hartono Plantation.

Ketiga, Low Tuck Kwong, pemilik Bayan Resources yang bergerak di sektor batu bara. Kekayaannya mencapai 9,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 150,8 triliun.

Keempat, Sri Prakash Lohia, pemilik Indorama Corporation ini memiliki kekayaan mencapai 5,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 91,7 triliun.

Kelima, Prajogo Pangestu Prajogo Pangestu menduduki posisi kelima sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2022. Total kekayaan pemilik perusahaan energi dan petrokimia PT Barito Pacific Tbk (BRPT) ini mencapai 5,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 80,8 triliun.

Keenam, Chairul Tanjung Nama Chairul Tanjung, Total kekayaannya tercatat sebesar 5,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 80,8 triliun. CT juga sudah masuk bisnis kelapa sawit dengan bendera CT Agro Indonesia.

Ketujuh, Djoko Susanto, pemilik Grup Alfamart ini memiliki kekayaan mencapai 4 miliar dolar AS atau sekitar 62,2 triliun.

Kedelapan,  Wijono dan Hermanto Tanoko Wijono dan Hermanto Tanoko, pemilik merek cat Avia Avian, complete kekayaan keduanya mencapai 3,4 miliar dollar AS atau Rp 52,8 triliun.

Kesembilan, Theodore Rachmat, pemilik Triputra Neighborhood ini memiliki kekayaan sebesar 3,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 49,7 triliun. TP Rachmat juga  telah masuk bisnis kelapa sawit denga bendera Triputra Agro Persada (TAP Neighborhood).

Kesepuluh, Sukanto Tanoto, pemilik grup usaha Royal Golden Eagle Global (RGEI) ini memiliki kekayaan sebesar 2,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 43,6 triliun. Dimana perkebuna kelapa sawit milik RGEI berbendera Asian Agri. (T2)

Dibaca : 32

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Files Update”, caranya klik hyperlink InhuPost-Files Update, kemudian join. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :