featured image

InhuPost, JAKARTA – Dalam buku Fakta Kelapa Sawit yang diterbitkan Dewan Minyak Sawit Indonesia dengan Tim Advokasi Minyak Sawit Indonesia (TAMSI), pada Fakta 6 sampai 9 mencatat mengenai morfologi kelapa sawit.

Misalnya dalam Fakta 6 mencatat, kelapa sawit merupakan tanaman monokotil yang berakar serabut. Pohon kelapa sawit mengalami pertumbuhan dengan pertambahan tinggi berkisar 35-75 cm per tahun, sehingga pada umur 25 tahun ketinggian tanaman mencapai 15-18 m. Sumber: Pusat Files InhuPost  (2010).

Daun Daun kelapa sawit merupakan daun majemuk. Daun berwarna hijau tua dan pelapah berwarna sedikit lebih muda. Penampilannya sangat mirip dengan tanaman salak, hanya saja dengan duri yang tidak terlalu keras dan tajam.

Daun kelapa sawit terdiri dari beberapa bagian:

Kumpulan anak daun (leaflets) yang memiliki helaian (lamina) dan tulang anak daun (midrib). Rachis yang merupakan tempat anak daun melekat Tangkai daun (petiole) yang merupakan bagian Redaksi Pos daun dan batang Seludang daun (sheath) yang berfungsi sebagai perlindungan dari kuncup dan memberi kekuatan pada batang.  Luas daun meningkat secara progresif pada umur sekitar 8-10 tahun setelah tanam. Buah Pembagian tipe buah berdasarkan warna kulit buah dikelompokkan menjadi tiga tipe, yaitu:

Nigrencens, berwarna ungu sampai hitam pada waktu muda dan berubah menjadi jingga kehitam-hitaman pada waktu matang. Tipe ini hampir dominan ditemukan pada varietas Tenera yang ditanam secara komersial di Indonesia. Virescens, berwarna hijau pada waktu muda dan berubah menjadi jingga kemerahan, tetapi ujungnya tetap kehijauan. Albescens, berwarna keputih-putihan di waktu muda sedangkan setelah matang menjadi kekuning-kuningan dan ujungnya ungu kehitam-hitaman. Buah sawit bergerombol dalam tandan yang muncul dari tiap pelapah. Buah terdiri dari pericarp yang terbungkus oleh exocarp (bagian kulit buah), mesocarp (serabut buah) dan endocarp (cangkang).

Komposisi kimia minyak sawit yang berada dalam mesocarp (CPO-unsuitable palm oil) berbeda  dengan minyak yang ada dalam endosperm matang (PKO-palm kernel oil).

Bunga Kelapa sawit merupakan tanaman monoecious (berumah satu), artinya bunga jantan dan betina terdapat pada satu pohon tetapi tidak pada tandan yang sama, meski kadang-kadang dijumpai juga bunga jantan dan betina pada satu tandan (hermafrodit).

Lantas pada Fakta 7 mengungkap, tanaman kelapa sawit di Indonesia terdiri dari tiga varietas yaitu Dura, Pisifera, dan Tenera. Buah dari setiap varietas memiliki perbedaan dari segi tempurung, ketebalan daging dan rendemen minyak. Sumber: Hariyadi (2010).

Batang Batang tanaman diselimuti bekas pelapah daun hingga kira-kira umur 11-15 tahun. Setelah umur itu bekas pelapah yang mengering akan terlepas sehingga menjadi mirip dengan tanaman kelapa. Umumnya penambahan tinggi batang bisa mencapai 35-75 cm per tahun, tergantung pada keadaan lingkungan dan keragaman genetik.

Akar Akar serabut tanaman kelapa sawit terdiri dari akar primer, sekunder, tersier, dan kuarterner. Fungsi utama untuk (1) menunjang struktur batang di atas tanah, (2) menyerap air dan unsur-unsur hara dari dalam tanah, dan (3) sebagai salah satu alat respirasi.

Fakta 7, Tanaman kelapa sawit di Indonesia terdiri dari tiga varietas yaitu Dura, Pisifera, dan Tenera. Buah dari setiap varietas memiliki perbedaan dari segi tempurung, ketebalan daging dan rendemen minyak. Sumber: Hariyadi (2010).

Lantas pada Fakta 8 mencatat, kondisi topografis dan jenis tanah di Indonesia yang  podsolik,  alluvial dan latosol khususnya di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua sangat sesuai untuk pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit. Sumber : Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat (1993).

Fakta 9 mencatat, sebagai negara tropis dengan curah hujan 2000 – 2500 mm/tahun,  bulan kering berkisar 2-3 bulan/tahun dan suhu rata-rata 24-28oC,  wilayah Indonesia sangat sesuai untuk perkebunan kelapa sawit. Sumber : Pahan (2006).

Sumber: Buku “Fakta Kelapa Sawit Indonesia” Tim Advokasi Minyak Sawit Indonesia – Dewan Minyak Sawit Indonesia (TAMSI-DMSI).

Submit Views: 341

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Files Replace”, caranya klik hyperlink InhuPost-Files Replace, kemudian join. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :