featured image

InhuPost, KUALA LUMPUR  – Stok minyak sawit di Malaysia diperkirakan akan melonjak melewati dua juta ton untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir, akibat produksi yang dipercepat dan adanya kegiatan ekspor minyak dari Indonesia yang berdampak pada ketatnya persaingan ekspor.

Berdasarkan hasil Survei yang dilakukan Bloomberg, persediaan minyak sawit Malaysia diperkirakan naik 15,8% menjadi 2,05 juta ton pada Agustus dibanding Juli. Ini menjadi yang pertama kalinya stok menembus dua juta ton sejak Mei 2020 dan akan menjadi yang tertinggi sejak November 2019.

Dengan tingginya stok lebih lanjut bakal meredam harga minyak sawit, yang telah anjlok lebih dari 40% sejak Mei 2022, disebabkan Indonesia telah menerapkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan ekspor minyak sawit nya termasuk memberlakukan penghentian sementara Pungutan Ekspor yang telah diperpanjang hingga akhir Oktober.

Selain kehilangan pangsa pasar akibat pulihnya pengiriman minyak sawit dari Indonesia, dilansir TheedgeMalaysia produksi minyak sawit di Malaysia juga meningkat dikala musim puncak produksi.

Produksi minyak sawit di Malaysia naik 8,3% menjadi 1,70 juta ton, tertinggi sejak Oktober, survei menunjukkan. Sementara ekspor hanya mencapai 1,32 juta ton, lebih rendah dari bulan sebelumnya.

Diungkapkan Direktur Pelaksana TransGraph Consulting Pvt Ltd yang berbasis di Hyderabad, Nagaraj Meda, produksi minyak sawit kemungkinan akan terus meningkat hingga mencapai puncaknya pada September 2022, sebelum akhirnya menurun hingga kuartal terakhir tahun ini.

“Dengan adanya peningkatan produksi akan mendongkark stok minyak sawit menjadi 2,4 juta hingga 2,5 juta ton, pada akhirnya akan berdampak pada harga yang akan tertekan,” tandas Meda, Senin (5/9/2022). (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Update”, caranya klik link https://t.me/inhu_post, kemudian be a half of. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS. . . . Dapatkan majalah InhuPost berbentuk digital (e-magz) di link InhuPost retailer atau berlangganan.

Baca Juga :