featured image

Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi menyerahkan PIN Emas dan piagam kepada salah seorang mantan Rektor UIR, Prof Tengku Dahril dan diikuti oleh mantan Rektor lainnya. ist

PEKANBARU, INHUPOST.COM – Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Prof Dr Syafrinaldi SH MCL, Senin (5/9/2022) memaparkan sejumlah prestasi yang telah berhasil diraih universitas swasta tertua di Riau ini. Pada kesempatan tersebut, Rektor UIR juga menyerahkan PIN kepada para mantan Rektor UIR pada masanya. Kegiatan ini digelar dalam Rapat Senat Istimewa sempena Peringatan Milad ke-60 yang digelar di Ruang Auditorium, Gedung Rektorat. 

“Pertama sekali saya mengucapkan selamat milad ke-60 UIR. Semoga kita dapat mewujudkan visi UIR 2041 yakni Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa,” ungkap Syafrinaldi di awal bicaranya.

Selanjutnya Syafrinaldi memaparkan deret prestasi yang telah berhasil dicapai UIR selama ini. Redaksi Pos lain, UIR merupakan salah satu kampus dari 22 kampus/institusi di dunia yang mendapatkan pendanaan sebesar 89.900 Euro dari German Academic Exchange Program (DAAD) atas kerjasama dengan Fachhochschule Dortmund dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen, Germany pada tahun 2022. 

Sambungnya, UIR juga sudah menjadi anggota University Mobility in Asia And Pacific (UMAP) sejak Mei 2022 yang lalu. “Melalui wadah ini mahasiswa dan dosen semakin terbuka untuk berkolaborasi guna pengembangan kompetensi sesuai bidang keilmuannya di kampus-kampus dalam Kawasan Asia Pasifik,” ujar Syafrinaldi.

Sementara itu, Program Studi Teknik Perminyakan Fakultas Teknik 14 Mei 2022, katanya, juga menerima hibah perangkat lunak aplikasi di bidang Teknik perminyakan dari PT Schlumberger senilai USD 50 Juta atau setara dengan Rp 720 miliar. 

“UIR juga merupakan kampus mendapatkan hibah Penelitian dari Kemdikbud Karena Ristek 2022 di wilayah L2DIKTI 10. Bersama 11 PTS lainnya, UIR dinobatkan sebagai kampus terbaik di Indonesia dalam penyelenggaraan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB) Kemdikbud Ristek 2022. itu Kemendikbud Ristek apresiasi dana sebesar Rp 900 juta kepada UIR,” ujarnya bangga. 

Pada tanggal 8 Juni 2022 yang lalu, secara resmi UIR masuk dalam daftar 20 Kampus di Indonesia yang tercatat dalam World Class University (WCU). Kebanggaan lainnya, sebut saja Syafrinaldi adalah posisi UIR saat ini berada pada peringkat 120 pada Top Islamic Universities in the world pada tahun 2021. Dan masih banyak lagi prestasi yang berhasil ditoreh UIR. Kondisi ini juga yang membuat Prof Syafrinaldi optimis visi UIR 2041 bakal mulus terealisasi.

Namun untuk mewujudkan visi UIR 2041 itu harus diikuti dengan upaya dan kerja keras sambil berdoa kepada Allah SWT. Dengan tagline “bersama kita bisa”. Melalui kesempatan ini saya mengajak semua pimpinan UIR, Fakultas dan Program studi serta semua dosen dan pegawai untuk terus bekerja keras, bekerja dengan penuh semangat dan bekerja cerdas untuk memajukan prodi masing-masing, memajukan Fakultas, Pascasarjana dan UIR,” pesannya. 

Dalam tata kelola universitas di kampus UIR dia juga mengajak junjung tinggi budaya anti korupsi yang terdapat pada misi ke 5 UIR yaitu melaksanakan manajemen universitas yang bersih dan transparan atau yang dikenal dengan : Good Islamic University Governance. 

Milad ke 60 UIR memang terasa begitu sangat istimewa. Pasalnya ada penyampaikan orasi ilmiah oleh Ir SF Hariyanto MT, Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang merupakan Alumni Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik tahun 1986.

“Pada milad tahun 2022 ini, kami sengaja menghadirkan mantan Rektor UIR pada periodenya. Atas jasa dan pengabdiannya UIR memberikan apresiasi sekaligus penghargaan berupa PIN Emas. Juga digelar orasi ilmiyah yang disampaikan oleh Sekdaprov Riau SF Harianto yang juga salah satu alumni Program Pascasarjana Teknik UIR, ” sebutnya.

Untuk menyemarakkan milad ke-60, lanjutnya, tahun ini UIR menyelenggarakan berbagai turnamen dan kustomisasi. Seperti Turnamen Panahan memperebutkan Piala Bergilir Rektor UIR yang diikuti atlet panahan dari lima provinsi tetangga; Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau di samping panahan Provinsi Riau. Turnamen Bulu Tangkis, Petanque, Tenis Meja dan lain sebagainya juga turut memeriahkan Milad ke-60 UIR. 

Peringatan milad ke-60 UIR yang dihadiri oleh perwakilan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X, Sekdaprov Riau SF Harianto yang juga alumni UIR, Ketua Umum YLPI Riau Dr Nurman serta mantan-mantan Rektor UIR. pr2

Penulis: M Ikhwan

Baca Juga :