featured image

InhuPost, SAMBAS – Kendati harga Tanan Buah Seagar (TBS) sawit petani masih berfluktuasi, namun masih ada petani sawit swadaya yang bersedia melakukan peremajaan perkebunan kelapa sawitnya.

Misalnya saja yang dilakukan Kelolmpok Tani (Poktan) Berkah Jaya, yang berlokasi di Desa Sungai Sapak, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, yang juga merupakan eks PirTran PT MISP, baru saja melakukan peremajaan sawit untuk lahan seluas 131 ha dari full lahan mencapai 734 ha, serta memperoleh dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), sejumlah Rp 20,6 milyar atau memperoleh Rp 30 juta per ha.

Dikutip InhuPost dari laman Facebook resmi Disbunnak Kalimantan Barat, mencatat penerapan Program Peremajaan Sawit (PSR)  secara perdana ini langsung dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Munsif, beserta Bupati Sambas, Satono serta Sekda, DPRD dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Pemkab Sambas, pada Sabtu (3/9/2022).

Masih dalam laman resmi fb tersebut, mengajak seluruh petani kelapa sawit untuk melakukan peremajaan sawit yang kebunnya sudah memasuki masa replanting. “Ayoo, kita pacu bersama peluang pendanaan hibah untuk pembiayaan Peremajaan Sawit Rakyat di seluruh Kalbar dari dana BPDPS ini, sebagai upaya  peningkatan produksi dan produktifitas kelapa sawit rakyat Kalbar,” demikian catat pihak Pemda Kalbar. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Files Update”, caranya klik hyperlink https://t.me/inhu_post, kemudian join. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS. . . . Dapatkan majalah InhuPost berbentuk digital (e-magz) di hyperlink InhuPost store atau berlangganan.

Baca Juga :