featured image

InhuPost, JAKARTA – Anggota Serikat petani Kelapa Sawit (SPKS) di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat melakukan audit sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Petani sawit swadaya ini tergabung dalam Koperasi Persada Engkesik Lestari berlokasi di Desa Engkesik, Kecamatan Sekadau Hilir, Kab. Sekadau, mencakup  sekitar 200 anggota dengan luas lahan 300 hektar.

Ketua SPKS Kab. Sekadau Bernadus Mohtar mengungkapkan, sertifikasi yang di lakukan di Koperasi Persada Engkesik Lestari sekadau langsung dilakukan untuk 2 fly sertifikasi sekaligus yakni ISPO dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Dimana kegiatan persiapan sertifikasi ISPO sudah di lakukan dalam satu tahun terakhir, didukung oleh SPOS Indonesia Yayasan Kehati dalam persiapan sertifikasi ini, langkah-langkah yang di lakukan mulai dari pemetaan petani sawit secara by title, by addres dan by spatial/polygon, pengurusan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB), penguatan kelembaan sampai pada pelatihan manajemen-manajemen koperasi.

BACA JUGA: Audit Perusahaan Sawit, Jangan Hanya Sekadar Wacana

“Juga melakukan pelatihan-pelatihan Lawful Agricultural Word (GAP) seperti pemupukan, semprot, Perawatan, Panen, Pelatihan Hama Terpadu (PHT), Pelatihan Penggunaan Pestisida dll, sampai pada menfasilitasi kemitraan dengan perusahaan sekitar,” katanya dalam keterangan resmi diterima InhuPost, Senin (26/9/2022).

Put up Views: 261

Halaman: 1 2

Dapatkan substitute berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Update”, caranya klik link InhuPost-News Update, kemudian be half of. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :