featured image

Para hafizh dan hafizhah penerima Al Qur’an wakaf alumni Faperta UIR. ist

PEKANBARU, INHUPOST.COM – Rangkaian peringatan Milad ke-45 Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Riau (UIR) diawali dengan penyerahan Al Qur’an wakaf dan sertifikat kepada 83 hafizh dan hafizhah 3-30 juz.

Acara penyerahan Al Qur’an dan sertifikat itu dilaksanakan di Aula Faperta UIR, Perhentian Marpoyan, Pekanbaru, Kamis (25/8/2022). Al Qur’an ini merupakan wakaf dari alumni, dosen dan karyawan Faperta UIR.

Hadir Redaksi Pos lain penggagas acara AZ. Fachri Yasin, Dekan Faperta UIR Sita Zahra, Wakil Dekan Ujang Paman, anggota DPRD Riau M. Arfah, Ketua IKA Faperta UIR Herman dan sejumlah dosen seperti Faturrahman dan T. Edy Sabli.

Perwakilan dari alumni, dosen dan karyawan menyerahkan ke masing-masing hafizh dan hafizhah yang didampingi oleh orangtua mereka. Para penghafal Al Qur’an ini berasal dari Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPQ) pimpinan Jamil Siregar SP (ketua) dan Akmal ST (sekretaris).

Sertifikat hafal Al Qur’an dikeluarkan oleh FKPQ. Acara pemberian sertifikat ini mereka sebut dengan Wisuda. Namun, menurut AZ Fachri Yasin, penggagas acara ini, mereka telah berkoordinasi dengan Abdul Wahid, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru.

Fachri Yasin menyerahkan Al Qur’an

Fachri menyebutkan Al Qur’an yang diwakafkan itu cetakannya eksklusif dan standar Kemenag RI. Isinya berwarna warna untuk memberi penekanan makna. Pada sampulnya ditulis Alumni Faperta UIR.

Selain ke anak-anak hafal Al Qur’an, kitab suci umat Muslim ini juga diserahkan ke Masjid Al Munawwaroh UIR.  ”Semoga penyerahan wakaf ini memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan mutu iman dan taqwa,” ujar mantan Ketua Umum Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau ini seperti dilansir voxindonews.com.

Menurut Fachri, pihaknya menargetkan 500 Al Qur’an dari alumni Faperta UIR. Sekarang sudah terkumpul 127 Al Qur’an. Dia optimis jumlah itu akan tercapai pada saat Reuni Akbar dan Mubes V IKA Faperta UIR pada 11-13 November 2022 nanti.

Fachri sedang menjajaki pembentukan Perkumpulan Kurnia Wakaf Al Qur’an. Lembaga  ini nanti akan mengumpulkan wakaf Al Qur’an dari masyarakat muslim. Lalu Al Qur’an itu disumbangkan ke rumah-rumah Tahfizh, pesantren, masjid dan mushalla.

Kini Perkumpulan Kurnia Wakaf Al Qur’an sudah mengumpulkan hampir 500 Al Qur’an yang sebagian telah disumbangkan ke rumah Tahfizh dan masjid. ”Kami mengetok hati para dermawan untuk mewakafkan Al Qur’an melalui perkumpulan kami,” ujarnya. (*/pr2)

Editor: Eberta Malik

Baca Juga :