featured image

InhuPost, KETAPANG – Air Terjun Batu HItam kini menjadi salah satu pilihan objek wisata di Ketapang, dengan pemandangan alam yang indah, pengunjung bakal disuguhi lingkungan yang asri dan terdapat kebun buah yang bisa dikunjungi. Hadirnya objek wisata ternyata tidak terlepas dari hasil kerjasama Redaksi Pos Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Agrowisata (KUPS), LPHD Sembelangaan dengan perusahaan sawit, Bumitama Gunajaya Agro (BGA Grup).

Siapa sangka di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat sekarang berkembang objek wisata air terjun yang sejuk, serta tentu saja ramai pengunjung.

Kabupaten Ketapang memang tidak hanya memiliki objek wisata berupa pantai dan Taman Nasional Gunung Palung, tetapi juga memiliki potensi air terjun yang sejuk. Air terjun ini bersumber dari pegunungan Hutan Lindung Gunung Tarak yang masih asri dan dipenuhi pepohonan.

Salah satu air terjun yang eksotik dan airnya jernih yang dapat anda kunjungi adalah wisata alam air terjun Batu Hitam. Terletak di Dusun Sumber Priangan, Desa Simpang Tiga Sembelangaan, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

BACA  JUGA: Disbunnak Kalbar: Tata Kelola Sawit Menyangkuti Tiga Aspek

Lokasi tersebut hanya berjarak sekitar 104 km dari pusat Kota Ketapang, atau bisa ditempuh selama sekitar 2 jam dengan perjalanan darat. Air Terjun Batu Hitam dikelilingi oleh pepohonan dan bebatuan yang secara alami membentuk kolam.

Jadi bila berkunjung di lokasi tersebut dapat bermain air sembari melihat pemandangan alam sekitar yang asri serta menikmati kesejukan airnya. Sebenarnya, pengelolaan air terjun ini dilakukan oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Agrowisata (KUPS), LPHD Sembelangaan bekerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, Bumitama Gunajaya Agro (BGA Grup).

Semenjak diresmikan pada Sabtu 28 Januari 2022 lalu, wisata alam Air Terjun Batu Hitam langsung ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik masyarakat yang berasal dari Desa Simpang Tiga Sembelangaan maupun desa-desa sekitarnya.

BACA JUGA: Petani Sawit Simuelue Berharap Bisa Ikut Program Peremajaan Sawit Rayat

Bahkan tidak sedikit pula masyarakat yang berasal dari Kota Ketapang berkunjung dan berwisata di air terjun ini. Pengelola Wisata Alam Air terjun Batu Hitam, Sonny dari LPHD Sembelangaan mengungkapkan, biasanya rutin setiap hari libur lebaran, pengunjung bisa meningkat hingga tiga kali lipat. Padahal bila hari biasa hanya terdapat puluhan pengunjung saja. Contohnya pada libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini pengunjung ke lokasi tersebut mencapai ratusan orang.

“Mereka ingin melihat keindahan alam dan gerojokan air dari curug tersebut. Di sini banyak bebatuan alam besar berwarna hitam yang tertata secara alamiah,” kata Sonny.

Lebih lanjut tutur Sonny, sebab itu bagi masyarakat yang tinggal disekitar Kabupaten Ketapang, bisa mencoba objek wisata ini, apalagi bagi masyarakat yang memilki hobi berwisata tidak ada salahnya bila mencoba untuk singgah ke Wisata Alam Air Terjun Batu Hitam.

BACA JUGA: Taji Larangan Ekspor CPO Meredam Harga Migor

Ternyata pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan keindahan alam dari air terjun yang terdapat di lokasi tersebut, namun pengunjung juga bisa untuk melihat kebun buah yang terdapat di badan bukit. Kendati kebun buah ini masih butuh waktu untuk bisa menghasilkan buah, lRedaksi Posn baru ditanam pada tahun 2021 kemarin.

Dari badan bukit tersebut pengunjung akan pula disuguhi sisi lain keindahan Air Terjun Batu Hitam. Nah, di lokasi ini pengunjung bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto guna menambah koleksi panorama alam yang eksotik.

“Air terjun yang sangat keren dengan bebatuan cadas warna hitam dan jernihnya air sangat menyegarkan..semoga tetap lestari dan dijaga untuk keaslian naturalnya,” tulis @ArexsaChannel di channel youtube @ERZA Faithful.

Sumber: Majalah InhuPost Edisi Juli 2022

Submit Views: 218

Dapatkan change berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Recordsdata Change”, caranya klik link InhuPost-Recordsdata Change, kemudian join. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :