featured image

InhuPost, PEKANBARU – Lahan seluas 920 hektar (Ha) yang dikelola KUD Jaya Makmur saat ini bakal menerapkan Program PSR secara bertahap. KUD yang berlokasi di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, merupakan bagian dari Dialogue board Kerja Petani Plasma Kebun Sawit (FKPPKS) yang beranggotakan 12 KUD dan menjadi petani binaan dari PT Inti Indosawit Subur (IIS), anak usaha Asian Agri Neighborhood.

Langkah yang dilakukan  KUD Jaya Makmur telah menarik para petani sawit yang tergabung dalam KUD Produsen Berkah Lestari Jaya yang beralamat di Sp 7 Kecamatan Kandis, Kabupaten Kampar, ingin belajar dan mencontoh pola replanting yang dilakukan.

“Hari Kamis (1/9/2022) yang lalu para petani sawit dari KUD Produsen Berkah Lestari Jaya datang ke tempat kami,” kata Sudiyono kepada InhuPost, Minggu (4/9/2022).

Didampingi Katimin selaku Humas FKPPKS, Sudiyono menyebutkan mereka bisa menjalani Program PSR karena sejak awal sudah mempersiapkan diri, termasuk membangun ketahanan ekonomi bagi anggota yang menjalani Program PSR.

Pihaknya memberikan kisi-kisi kepada pihak KUD lain yang ingin belajar terkait PSR. Salah satunya adalah dengan menjalani PSR secara bertahap, tidak sekaligus.

“Dari 920 hektar dan anggota lebih 400-an, berarti rata-rata kami punya dua hektar kebun sawit. Kebayang kan kalau kami jalani PSR sekaligus? Bisa habis mata pencaharian kami,” ujarnya.

Karena itu di tahap I mereka mengikutkan hanya 174 Ha kebun sawit untuk PSR, lalu jumlah yang sama akan diikutkan dalam Program PSR tahun 2023, dan begitu seterusnya sampai tuntas 920 Ha diremajakan.

Mereka juga menyertakan monetary institution lokal, yakni Monetary institution Riau Kepri, untuk proses pencairan dana Progra PSR yang berasal dari Badan pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

“Dan tak lupa kami sarankan teman-teman KUD lain yang datang ke kami itu untuk menggunakan bibit sawit yang benar-benar unggul dan tersertifikasi,” kata Sudiyono. (T5)


Artikel ini telah tayang di InhuPost Sumatera dengan judul © Sukses Jalani Program PSR, KUD Jaya Makmur Bikin KUD Lain Jadi Kepincut – Files sawit sumatera

Dapatkan change berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Files Update”, caranya klik link https://t.me/inhu_post, kemudian be half of. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS. . . . Dapatkan majalah InhuPost berbentuk digital (e-magz) di link InhuPost retailer atau berlangganan.

Baca Juga :