featured image

InhuPost, BOGOR – Sebagai tindaklanjut MoU Redaksi Pos IPB dan Gabungan Pengusaha Sawit    Indonesia (GAPKI) pada 10  September  2019 lalu tentang  Kerjasama  Tridharma Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Perkebunan dan Industri Sawit Berkelanjutan, maka pada Jumat (9/9/2022) secara resmi Pusat Studi Sawit IPB University (PUSDI SAWIT IPB)  dibentuk.

Pembentukan ini amanah dari MoU yang mencatat IPB akan mendirikan Pusat Studi Sawit yang diharapkan dapat mengkoordinasikan penelitian dan kajian secara komprehensif, tentang kelapa sawit dari berbagai keilmuan yang ada di IPB serta mendesiminasikan hasil penelitian dan kajian kepada masyarakat dan pemerintah.

BACA JUGA: Audit Perusahaan Sawit, Jangan Hanya Sekadar Wacana

Diungkapkan Prof Budi Mulyanto, Visi PUSDI SAWIT IPB  adalah menjadi Pusat Studi Sawit yang handal dan terdepan di dunia untuk menjawab tantangan dan persoalan yang dihadapi di bidang perkelapasawitan, baik lingkup lokal, regional, maupun world.

Lebih lanjut kata Prof Budi, lembaga ini juga memiliki 4 misi diataranya, mendukung pembangunan dan pengembangan perkebunan dan industri sawit dengan peningkatan produksi, mutu produk sawit, dan nilai ekonomi untuk berkontribusi dalam menyangga perekonomian nasional.

BACA JUGA: Survei PPKS, Petani Sawit Masih Terjebak Gunakan Bibit Sawit tak Bersertifikat Alias Palsu

Lantas, kedua, Mendukung pembangunan dan pengambangan perkebunan dan  industri sawit untuk mengembangkan lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat. Ketiga, mendukung pembangunan industri sawit dalam menyangga kepentingan nasional, serta keemapt, mengembangkan ilmu, teknologi, dan manajemen dalam industri sawit untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan.

“Guna mencapai visi dan misi yang telah diuraikan tersebut, maka tujuan PUSDI SAWIT IPB adalah melakukan kajian dan tindakan terkait dengan perkebunan dan industri sawit nasional diRedaksi Posnya unutk meningkatkan produktivitas, fungsi dan peran industri perkebunan dan industri hilir sawit nasional dalam pengembangan ekonomi, sosial dan ekologi  secara inklusif, baik pada konteks lokal, nasional maupun world untuk mendukung ketahanan nasional dan peningkatan  kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam keterangan resmi diterima InhuPost, belum lama ini.

Kemudian, mencari solusi atas tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam usaha perkebunan dan industri sawit nasional dalam bidang lingkungan, kesehatan, hak asasi manusia (HAM), perdagangan internasional dan bidang  lain yang strategis. (T2)

Submit Views: 266

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Files Change”, caranya klik hyperlink InhuPost-Files Change, kemudian be a part of. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :