featured image

FilesSAWIT, AMSTERDAM – Pemerintah berencana melakukan pemangkasan Maintaining Perkebunan NusRedaksi Pos (PTPN), dari sebelumnya sebanyak 13 perusahaan menjadi hanya 4 perusahaan, rencana tersebut disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, disela kunjungan kerja ke Belanda, Sabtu (3/9/2022).

Tutur Erick, PTPN ke depan akan hanya ada empat subholding diRedaksi Posnya bernama Sugar Co untuk komoditas gula, Palm Co untuk komoditas sawit, dan ada retaining lain-lain, penyederhanaan ini kata dia, dangat penting guna menyehatkan BUMN, misalnya dengan langkah perampingan direksi PTPN yang masing-masing memiliki lima direksi.

Efisiensi dilakukan dengan konsolidasi melalui retaining PTPN III, masing-masing anak usaha hanya memiliki satu Chief Operation Officer (COO). “PTPN target kerugian 2021 kan Rp 1,6 triliun, tapi bukunya 2021 untung Rp 4,6 triliun, ini buktinya kalau mau lebih efisien dan efektif,” ujar dia seperti dilansir Kompas.

Upaya perampingan dari 108 BUMN menjadi hanya 11 BUMN yang berhasil untung dan membagikan dividen. Dari 108 itu, kini dipangkas menjadi 41 BUMN, dengan target akhir hanya ada 30 BUMN.

Namun Erick mengungkapkan, dengan menyederhanankan BUMN tersebut bukan berarti berkurang pegawainya. LRedaksi Posn yang berkuran paling hanya Direksi dan komisaris. “Tapi ya enggak apa-apa lah, kan harus rotasi,” ujar dia.

Rencananya, konsolidasi ini akan dimulai akhir 2022 dengan pembentukan Sugar Co dan Palm Co, dan akan selesai di pertengahan 2023. Pembentukan subholding tersebut dalam rangka perusahaan mendapatkan akses permodalan di pasar saham melalui Initial Public Offering (IPO). (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Update”, caranya klik link https://t.me/inhu_post, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS. . . . Dapatkan majalah InhuPost berbentuk digital (e-magz) di link InhuPost store atau berlangganan.

Baca Juga :