featured image

InhuPost, PESISISR SELATAN – Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) lintas komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dengan lintas sektoral, dibahas tentang persoalan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Pessel, Pada Jumat, 23 September 2022 lalu.

Dalam RDP tersebut hadir Tim Penetapan Harga TBS kelapa sawit Provinsi Sumbar, perwakilan manajemen Pabrik Kelapa Sawit (PKS), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dari Pemkab Pessel, Camat dan Ketua Forum Walinagari sentra kelapa sawit, dan perwakilan pekebun sawit swadaya.

Dalam RDP ini anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumbar, Novermal Yuska mengusulkan, dalam agenda kegiatan DPRD, karena selama ini harga TBS sawit ditetapkan sepihak oleh pabrik kelapa sawit, dan harganya jauh di bawah harga yang ditetapkan pemerintah.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Swadaya di Sejumlah Sentra Sawit di Sumatera Turun

Bahkan, kata dia, dua dari tiga PKS milik grup Incasi Raya, membeli TBS di bawah Rp1.000,- per kg. Padahal, tiga PKS yang lain sudah membeli dengan harga di atas Rp 1.800,- per kg. Lantas, TBS sawit yang sama dijual ke daerah Lubuk Jambi Teluk Kuantan dan Pasaman, harganya di atas Rp 2.000,- per kg. “Parahnya lagi, harga TBS di Pessel selalu berubah setiap hari. Sementara harga TBS yang ditetapkan Gubernur berlaku 1 minggu, atau ditetapkan sekali seminggu,” kata dia kepada InhuPost belum lama ini.

Post Views: 440

Halaman: 1 2

Dapatkan replace berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Data Replace”, caranya klik link InhuPost-Data Replace, kemudian be half of. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :