featured image

InhuPost, JAKARTA – Telah semenjak tahun 2019 lalu, para petani sawit swadaya yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sawitku Masa Depanku (SAMADE) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara berkehendak mengikuti program peremajaan sawit rakyat (PSR).

Semu aturan dan persyaratan administrasi pun disiapakn guna memenuhi syarat yang telah ditetapkan, akhirnya semua proses administrasi itu sudah tuntas di awal tahun 2021. Lalu di tahun yang sama info tersebut telah pula diberikan ke pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas.

BACA JUGA: Harga CPO Di Bursa Malaysia Naik Tipis, Ekspor Minyak Sawit Malaysia Melonjak

Kata Ketua Samade Palas, Sutan Barumun Hasibuan, pihak Distan Palas mengirimkan info dan berkas Gapoktan SAMADE melalui aplikasi untuk mendapatkan verifikasi dari pihak Dinas Perkebunan Sumatera Utara.

Setelah dari Dinas Perkebunan Sumatera Utara, kata Sutan, baru bisa diproses di Jakarta, di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

“Tapi entah apa yang terjadi, sampai sekarang tak ada jawaban apapun yang kami terima. Kami jadi bingung,” keluh Sutan Barumun Hasibuan, kepada InhuPost, Senin (12/9/2022).

Secara terpisah, Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Utara, Lies Handayani Siregar, menegaskan kalau berdasarkan informasi dari tim verifikator Disbun Sumut dipastikan belum ada info permohonan ikut Program PSR yang masuk melalui Kabupaten Palas.

BACA JUGA: SLKS Jadi Jalan Petani Sawit Swadaya Karya Serumpun Peroleh Sertifikat RSPO

Lies meminta para petani benar-benar mengecek dan melihat posisi keberadaan berkas permohonan PSR yang ada di aplikasi. “Coba minta Poktan-nya untuk mengecek sudah di mana posisi berkas permohonan mereka itu,” kata Lies.

Selain itu ia mengingatkan, dengan adanya adanya Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 3 Tahun 2022, maka di saat yang sama ada perubahan aplikasi.

“Aplikasi baru dibuka bulan Juli yang lalu,” kata Lies lalu kembali meminta petani untuk mengecek kembali berkas PSR di aplikasi terkait. (T5)

Artikel ini telah tayang di InhuPost Sumatera dengan judul © Miris, Gapoktan SAMADE Daftar Program PSR Sejak Tahun Lalu Namun Tiada Jawaban – Facts sawit sumatera

Submit Views: 273

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Substitute”, caranya klik link InhuPost-News Substitute, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :