featured image

InhuPost, BELITUNG – Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) akhir Agustus 2022 lalu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kecamatan Dendang untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta patroli pemantuan titik panas dan lokasi rawan kebakaran yang berada di sekitar put Kecamatan Dendang.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan sebagai upaya sosialisasi dan penyadartahuan kepada warga serta mengajak warga setempat untuk mengamankan lingkungannya masing-masing, terlebih bagi para warga yang berada di wilayah yang berpotensi bencana karhutla.

Dalam sambutannya, General Supervisor SMM, Ridwan Damanik menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk memperkuat sinergi para pemangku kepentingan dalam upaya pencegahan karhutla sejak dini. Caranya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan seluruh pihak untuk turut aktif dalam menjaga dan mengelola areal pertanian, serta lahan sekitarnya dari ancaman karhutla secara bersama-sama. “Pencegahan karhutla merupakan tanggung jawab bersama dan harus kila laksanakan secara bersama-sama,” tutur Ridwan dalam keterangan resminya diterima InhuPost, Rabu (31/8/2022)

Dalam mencegah karhutla, SMM telah memasang papan amaran tentang karhutla di tempat umum atau titik strategis yang sering dilalui masyarakat. Perusahaan juga meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan karhutla dalam mengantisipasi karhutla. Selain itu, juga dilakukan deteksi dini dan pemantauan intensif terhadap titik dalam put konsesi yang berpotensi atau rawan karhutla baik melalui patroli lapangan maupun melalui sistem pemantauan lain seperti menara pemantau, drone dan lainnya.

Shoufian, Camat Dendang, turut menyampaikan bahwa Kecamatan Dendang telah berkomitmen untuk melakukan pencegahan karhutla di Kecamatan Dendang, salah satunya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan Karhutla dan larangan membuka lahan dengan sistem bakar. Kecamatan Dendang akan terus berkoordinasi dengan semua pihak dan elemen masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya karhutla. (T2)

Dapatkan change berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – News Replace”, caranya klik link https://t.me/inhu_post, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS. . . . Dapatkan majalah InhuPost berbentuk digital (e-magz) di link InhuPost store atau berlangganan.

Baca Juga :