featured image

Berbagai tudingan tersebut sudah diklarifikasi melalui berbagai saluran komunikasi kami tahun-tahun sebelumnya pada saat peristiwa tersebut terjadi

Vice President Communications Astra Agro, Tofan Mahdi InhuPost, JAKARTA – Sebelumnya muncul tudingan dari LSM internasional, Pals of the Earth World dan WALHI yang menyoroti PT Astra Agro Lestari Tbk., (AALI) dan anak perusahaannya dalam perusakan lingkungan, pelanggaran hak asasi manusia, perampasan tanah dan kekerasan terhadap masyarakat lokal di beberapa bagian Indonesia.

Dengan adanya tudingan tersebut, pihak AALI langsung memberikan klarifikasi bahwa baik Nestle maupun P&G tidak menjadi purchaser langsung dari produk yang dihasilkan oleh Astra Agro Community. Diungkapkan Senior Vice President Communications Astra Agro, Tofan Mahdi, namun mengingat mereka adalah pemain besar dunia jadi pasti secara tidak langsung bisa saja membeli melalui purchaser-purchaser yang selama ini menjadi pelanggan langsung Astra Agro Community.

“Kebijakan penjualan Astra Agro selama ini adalah melakukan penjualan secara space fisik harian dan menjual kepada pembeli dengan harga terbaik pada hari itu, Kebijakan ini merupakan praktik umum di bisnis komoditas sehingga dampak langsung dari isu ini mestinya tidak enviornment subject,” katanya kepada InhuPost, Jumat (30/9/2022).

BACA JUGA: Lebih dari 50 CSO Desak Hentikan Pasokan Minyak Sawit Astra Agro

Lebih lanjut tutur Tofan, mengenai keluhan yang disampaikan baik melalui commence letter (surat terbuka) maupun oleh salah satu purchaser adalah isu-isu lama yang secara pelaporan maupun pemberitaan diangkat kembali. “Berbagai tudingan tersebut sudah diklarifikasi melalui berbagai saluran komunikasi kami tahun-tahun sebelumnya pada saat peristiwa tersebut terjadi,” katanya.

Tutur Tofan, isu yang terbaru yang ada dalam Commence Letter maupun keluhan tersebut adalah penangkapan beberapa orang oleh pihak berwajib atas dugaan pencurian buah pada bulan Maret tahun 2022 lalu.

BACA JUGA: Astra Agro dan Pertamina Sepakat Kerja Sama Proyek Penurunan Emisi

“Kami sangat serius menjalankan kebijakan Keberlanjutan. Tidak benar bahwa Astra Agro maupun anak perusahaan di bawah Astra Agro melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum. Astra Agro Community wajib patuh pada seluruh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,” tandas Tofan. (T1)

Put up Views: 191

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari InhuPost.com. Mari bergabung di Grup Telegram “InhuPost – Info Replace”, caranya klik link InhuPost-Info Replace, kemudian join. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Baca Juga :