YOGYAKARTA, redaksipos.com – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I dan Bimbingan Teknik Peningkatan Kapasitas Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Riau Tahun 2022 di Yogyakarta, 23-26 Mei 2022, siap membenahi dan meningkatkan kualitas media anggotanya. 


Rakerda dan Bimtek SMSI Riau ini selain dihadiri seluruh pengurus provinsi juga diikuti ketua dan sekretaris serta anggota SMSI Kabupaten dan kota, diantaranya Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Siak dan Dumai.


Dari 13 program kerja yang diusulkan sebelumnya, terjadi penambahan dua program kerja tambahan yakni pembentukan tim verifikasi media untuk memantau keaktifan media situs berita (siber) atau online keanggotaan SMSI Riau serta diadakannya pelatihan web dalam peningkatan kualitas keanggotaan. 


Dari 15 item program kerja yang disetujui  dalam sidang Rakerda yang dipimpin H Fendri Jaswir dan sekretaris Fitra, mendapat respon positif antara lain pelatihan ToT (training of trainer) penguji UKW (Ujian Kompetensi Wartawan) SMSI Pusat. SMSI Riau akan mengirimkan peserta bagi karyawan perusahaan berstatus wartawan. 


Selain itu, program kerja SMSI Riau tahun 2022 ini akan terus menata anggotanya dan konsolidasi terkait kelengkapan data perusahaan untuk pengajuan verifikasi ke Dewan Pers. 


Ketua SMSI Provinsi Riau Novrizon Burman berharap Rakerda I dan Bimtek yang dilakukan di luar Provinsi Riau ini mampu meningkatkan kapasitas pengurus SMSI Riau.


Melalui kegiatan, diharapkan dapat memberikan penyegaran kepada anggota SMSI Riau, terutama untuk meningkatkan kinerja media siber agar mampu meraih keuntungan secara finansial bagi perusahaan media.


Rakerda I dan Bimtek SMSI Riau dikuti oleh 48 pengurus SMSI provinsi dan kabupaten/kota. Tercatat saat ini keanggotaan SMSI Provinsi Riau berjumlah 118 perusahaan media siber. (*)


Editor: M Ikhwan


Baca Juga :