Rektor Universitas Muhammadiyah (UMRI) DR Saidul Amin secara resmi melantik tiga orang wakil rektor UMRI, Rabu (25/5). ist


PEKANBARU, REDAKSIPOS.COM - Rektor Universitas Muhammadiyah (UMRI) DR Saidul Amin secara resmi melantik tiga orang wakil rektor UMRI, Rabu (25/5). Pelantikan ini langsung disaksikan oleh Pimpinan Muhammadiyah Pusat Haedar Nasir, Rabu (25/5) di Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus UMRI. 


Adapun ketiga wakil rektor yang dilantik tersebut yakni Dr Widarti Irma, S.Pd,M.Si sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. M. Rasyad Zein, MM sebagai Wakil Rektor 2 Bidang Keuangan dan Administrasi Umum dan Dr. Jufrizal Syahri, M .Si sebagai Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan dan Kerjasama.


Usai melantik, Saidul Amin turut berpesan agar ketiga wakil rektor bisa memberikan kinerja terbaik, guna memajukan pendidikan dan pengembangan Kampus UMRI kedepan. "Berikanlah kinerja yang terbaik bagi UMRI, tapi jangan ambil yang terbaik dari UMRI,"ujar Saidul. 


Dijelaskannya, saat ini UMRI terus berupaya untuk terus maju, sesuai harapan dari PP Muhammadiyah. Berbagai hal telah dilakukan UMRI sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Pekanbaru, diantaranya adalah menjalankan program wakaf tunai sesuai dengan Arahan dari pimpinan pusat Muhammadiyah. Bahkan UMRI memulai badan wakaf di lingkungan perguruan tinggi.


Menurut Saidul, langkah ini perlu dilakukan. Karena tugas PTM adalah untuk membumikan konsep filosofi pimpinan pusat Muhammadiyah." Sesuai keinginan pimpinan pusat misalnya dalam hal visi menginternasionalkan persyarikatan Muhammadiyah melalui PTM. UMRI telah menjalin kerjasama dengan Thailand dan insyaallah yang akan datang dengan Malaysia," ujar Saidul. 


Sementara itu, menanggapi apa yang telah disampaikan oleh Rektor, Haedar Nasir yang hadir dalam acara tersebut. turut mengapresiasi dan optimis dengan apa yang telah dicapai UMRI dan kedepannya. 


Ia berharap UMRI bisa terus meningkatkan prestasi dan besarkan nama UMRI dengan berbagai terobosan yang dibuat. UMRI memiliki potensi yang cukup besar dalam mencerdaskan anak bangsa khususnya di Riau. yakin, bahwa dalam kurun waktu 4 tahun ke depan UMRI bisa Go Public dan semakin maju.


"Kita yakin UMRI akan berkembang lagi karena Muhammadiyah memiliki sistem kontrol yang kuat dari pusat. Umri bagian dari persyarikatan yang insyaallah 4 tahun ke depan Umri akan mengalami lompatan kemajuan," kata Haedar Nashir.


Haedar juga mengatakan, UMRI bisa menjadi pilar strategi dalam mencerdaskan anak bangsa. Apalagi Muhammadiyah memiliki 172 perguruan tinggi se Indonesia, dan Rektor UMRI memiliki Visi dan Misi yang bagus dan jaringan yang luas.


"Diharapkan UMRI bisa terus berkembang dan maju sesuai dengan pemerintahan yang baik. Serta bisa terus menjaga silahturahmi dan kebersamaan. Karena silahturahmi bisa menyambungkan hubungan yang putus atau retak menjadi utuh kembali,"paparnya. 


Sementara itu, Gubernur Riau mewakili Plt Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Job Kurniawan turut memberikan selamat kepada pejabat yang dilantik. "Semoga memberikan pengetahuan kontribusi terbaik dalam mencerdaskan pendidikan di Riau. Diharapkan UMRI bisa menjadi salah satu pusat pengembangan ilmu dan teknologi di Riau," harapnya. 


Dalam acara tersebut juga turut digelar silahturahmi syawal bagi seluruh jajaran civitas kampus UMRI. Dengan saling bermaaf-maafan, sekaligus membuka penandatangan MoU dengan Kalamullah Multilingual School Thailand dan juga peluncuran buku karya Haedar Nasir yang berjudul Indonesia Ideologi Martabat dan Pemimpin Bangsa. Peluncuran tersebut ditunjukkan melalui buku secara simbolis . pr1


Editor: M Ikhwan


Baca Juga :