Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Joni Maryanto membuka Bimtek Enumator Pengadaan Aplikasi Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) Tahun 2022 di Wisma Five Boy's, Pematang Reba, Kamis (19/5/2). int


INDRAGIRI HULU, REDAKSIPOS.COM - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi berharap Bimbingan Teknis (Bimtek) petugas pelaksana pendataan (enumerator) Pengadaan Aplikasi Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) dapat menghasilkan SDM yang siap dengan kemampuannya.


"Saya berharap khusus bagi para peserta enumator agar dapat mengikuti bimtek ini dengan sebaiknya sehingga dapat memotivasi para pelaku koperasi dan UMKM untuk dapat lebih berkembang," kata Bupati Indragiri Hulu,Rezita Meylani Yopi yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Joni Maryanto membuka Bimtek Enumator Pengadaan Aplikasi Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) Tahun 2022 di Wisma Five Boy's, Pematang Reba, Kamis (19/5/2022) pagi.


Dikatakannya, Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Republik Indonesia telah membangun Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) yaitu sistem informasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi lengkap terkait keberadaan koperasi dan UMKM melalui aplikasi terintegrasi.


Menurut Rezita, SIDT merupakan realisasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pemberdayaan Serta Pengembangan Koperasi dan UMKM dan Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang menugaskan kepada kementerian Koperasi UKM sebagai walidata Koperasi Usaha Kecil Menengah dan BPS sebagai pembina data serta Pemda sebagai produsen data.


Sementara itu, Plt Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Inhu, Mas'ud, SE menyampaikan bahwa tujuan dari Bimtek Enumator SIDT adalah untuk menambah pemahaman Enumator SIDT, memetakan pelaku UMKM dan tersedianya data terperinci pelaku UMKM.


Bimtek yang diselenggarakan selama sehari ini diikuti 94 peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Inhu. Sebagai narasumber Bimtek dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Inhu, Kurnia Sholihat dan dari Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Inhu, Mishelga. (*/pr7)


Editor: M Ikhwan

Baca Juga :